BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Voorburg Dagblad |  Pameran masa kolonial di Museum Sejarah

Voorburg Dagblad | Pameran masa kolonial di Museum Sejarah

Pada tahun 2023, Museum Sejarah Den Haag menyelenggarakan pameran tentang masa lalu dan masa kolonial kota pemerintah Den Haag. ‘Colonial The Hague – An Unfinished Past’ dibuka pada 25 Maret dan bisa dikunjungi hingga 3 September 2023.

Masa lalu kolonial hadir di Den Haag dalam banyak hal, misalnya dalam bahasa, musik, makanan, festival, dan kenangan kita. Dalam arsitektur seperti bekas Kementerian Koloni, potret para administrator masa itu masih digantung. Sebuah pameran di Museum Sejarah Hawkes membahas peran kota pemerintah dalam sistem kolonial Belanda.

Den Haag secara tradisional menjadi pusat administrasi negara dan wilayah kolonial besar yang pernah diperintah oleh kota, wilayah yang berkali-kali lebih besar dari Belanda. Peran administratif ini membedakan Den Haag dari kota-kota seperti Amsterdam dan Rotterdam, yang utamanya berperan sebagai kota perdagangan dalam sistem kolonial. Den Haag adalah kota kebijakan, administrator, dan politik. Keputusan yang dibuat di Den Haag memiliki konsekuensi luas bagi jutaan orang yang dulunya berada jauh: di Indonesia, Suriname, dan wilayah kerajaan Karibia.

Foto: PVT Pauline/CC BY 3.0

READ  Banyak kotamadya yang tidak menghapus bendera protes selama peringatan Hindia Belanda Sekarang