BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wanita yang tidak terdiagnosis selama 10 tahun, dengan hidradenitis suppurativa

Wanita yang tidak terdiagnosis selama 10 tahun, dengan hidradenitis suppurativa

  • Selama lebih dari 10 tahun, saya telah hidup dengan benjolan yang menyakitkan di sekitar paha, selangkangan, dan bokong.
  • Setelah akhirnya menemui dokter kulit, saya didiagnosis menderita hidradenitis suppurativa.
  • Tidak ada obat untuk kondisi peradangan kulit kronis ini, tetapi perawatan dapat mengurangi gejala dan rasa sakit.

Saya selalu menyebut mereka “benjolan saya”. Pada usia 13 tahun, nodul yang menyakitkan ini mulai menodai kulit di sekitar paha bagian dalam, selangkangan, dan bokong. Percayalah ketika saya mengatakan ada sedikit lebih penghinaan daripada membutuhkan bantuan ibumu untuk menerapkan krim jerawat itu Daerah.

Setelah beberapa tahun, “benjolan” saya hilang. Saya berusia sembilan belas tahun dan dengan naif berpikir bahwa lulus dari masa remaja ke dewasa membebaskan saya. Ketika mereka kembali untuk membalas dendam pada usia 22, saya merasa benar-benar dikalahkan.

Dua puluhan Anda seharusnya riang, tetapi benjolan buruk itu membuat saya merasa kotor dan jijik. Milikku Harga diri turun. Tindakan sederhana berjalan bisa menyakitkan jika paha saya digosok dengan cara yang salah atau, lebih buruk lagi, menyebabkan abses pecah di depan umum. Keintiman fisik sangat menakutkan bagi saya. Saya tidak pernah ingin siapa pun melihat gundukan itu.

Ketika saya akhirnya mengumpulkan keberanian untuk mengatasi rasa malu saya yang dalam dan berbicara dengan seorang teman dekat tentang hal itu, saya menyarankan agar saya menemui dokter kulit. Kunjungan itu menghasilkan diagnosis dan rencana perawatan yang mengubah hidup yang membantu saya mendapatkan kembali kepercayaan diri saya.

READ  Temukan Alam Semesta dengan Lebih Sedikit: Teleskop Celestron 114AZ sekarang dengan setengah harga

Diagnosis dan pengobatan mengembalikan kepercayaan diri saya

Dokter kulit saya memeriksa saya sebentar sebelum menyimpulkan, “Gejala Anda sugestif hidradenitisSecara realistis, campuran suku kata dengan mudah meluncur dari lidahnya, katanya, menambahkan ‘atau HS, singkatnya.

Akronim ini bagi saya terdengar seperti penyakit menular seksual, tetapi segera yakinlah bahwa, tidak, ini adalah kondisi peradangan kulit kronis. Sementara penyebab pastinya tidak diketahui, Ini mempengaruhi sekitar 1 hingga 4% dari populasi ASdengan Wanita tiga kali lebih banyak dari pria untuk memilikinya. Itu bukan tanda kebersihan yang buruk, juga tidak menular, dan itu bisa hilang dan muncul kembali sepanjang hidup Anda. itu adalah Biasanya salah didiagnosisKarena area yang memalukan di mana ia bisa muncul, hidradenitis suppurativa sering tidak terdiagnosis.

Saya terkejut. Apa yang telah saya perjuangkan selama lebih dari 10 tahun ditentukan dalam 10 detik.

“Tidak ada obatnya,” katanya, membuatku frustrasi sampai dia menambahkan, “Tapi ada banyak yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi rasa sakitnya.”

Saya langsung diberi suntikan kortikosteroid – permainan kata – pengobatan yang sekarang saya cari untuk meredakan gejolak yang melemahkan. Saya diberitahu untuk mulai menggunakan Hibiclens, pembersih kulit antiseptik, dua sampai tiga kali seminggu di daerah yang terkena, bersama dengan antibiotik topikal harian, Clindamycin.

Selain perawatan medis, saya telah membuat perubahan gaya hidup. Saat berolahraga, saya memakai bahan penyerap keringat yang mengurangi gesekan kulit. Latihan berdampak rendah cenderung lebih ramah terhadap HS. Jika saya melakukan kardio, saya akan mandi dengan cepat, atau jika saya tidak bisa, ganti pakaian yang bersih dan kering untuk mengurangi jumlah waktu keringat di area yang berkobar.

READ  Seorang wanita berusia 38 tahun yang menjalani operasi usus besar terbangun dan mengetahui bahwa dokter mengangkat rahimnya tanpa izin.

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa penelitian menunjukkan ini Penurunan berat badan dan perubahan pola makan membantu mengurangi gejala HS, tetapi saya kehilangan dan menambah berat badan dan bermain dengan diet saya tanpa melihat perbedaan yang signifikan dalam cara HS menampilkan dirinya. Tetapi setiap orang dan setiap tubuh berbeda. Untuk saat ini, saya telah mempelajari apa yang cocok untuk saya, dan jika ada perubahan, saya tahu tim dermatologi saya dapat membantu. Aku tidak sendirian lagi.

Bahagia dan sehat aku

Sampai ada obatnya, saya tahu saya harus hidup dengan hidradenitis suppurativa. Tapi sekarang saya tahu apa kondisi ini dan bagaimana mengobatinya, saya akhirnya bisa menjalani hidup saya tanpa rasa malu. Sejak mencari obat, saya sudah bisa menghindari Tahap hidradenitis suppurativa yang lebih menyakitkanmembuat kecocokan sesekali menjadi lebih kecil.

Sekarang saya berbicara tentang HS saya lebih bebas dengan teman dan keluarga karena saya tidak ingin orang lain merasakan apa yang saya rasakan selama bertahun-tahun. Diagnosis dan rencana perawatan saya membuat perbedaan besar dalam hidup saya, begitu pula pasangan suportif saya yang mencintai dan mencintai saya.