BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Warga Palestina di Gaza selatan juga harus mengungsi: “Ke mana mereka harus pergi?”

Warga Palestina di Gaza selatan juga harus mengungsi: “Ke mana mereka harus pergi?”

Meskipun fokus dalam beberapa hari terakhir adalah Rumah Sakit Shifa di Kota Gaza, warga sipil dan pengungsi di kota selatan Khan Yunis menerima selebaran evakuasi dari tentara Israel pagi ini, kantor berita internasional melaporkan. Karena sejumlah besar orang telah meninggalkan wilayah utara dan perbatasan Rafah Mesir ditutup, mereka hampir tidak punya tempat tujuan.

Tak lama setelah seruan tersebut, beberapa ledakan terjadi di lingkungan timur kota. Koresponden Timur Tengah Olaf Kuenz mengatakan: “Tetapi ini bukanlah hal baru.” “Bagian selatan telah dibom selama berminggu-minggu.”

“Seruan Israel untuk mengungsi tidak berarti bahwa hal yang sama akan terjadi di sana seperti yang terjadi di wilayah utara,” kata Cowens. Dia menambahkan, “Ini mungkin pertanda fase baru dalam perang, tapi kita tidak tahu persis apa artinya.”

Pemusnahan massal

Ratu tidak dapat membayangkan evakuasi yang sebenarnya. “Tetapi pada saat yang sama, saya tidak dapat membayangkan kehancuran yang kita lihat di Kota Gaza. Namun hal itu telah terjadi. Jika ini merupakan pertanda yang akan terjadi, maka saya khawatir hal tersebut akan terjadi.”

“Kota Gaza, kota terbesar di kawasan ini, dihancurkan dan dibom,” kata Cowens. “Khan Younis sekarang adalah salah satu kota terbesar, jika bukan yang terbesar. Ada banyak orang di sana sekarang. Saat ini sedang musim dingin, dan sangat dingin di malam hari. Jika dua juta warga Palestina menjadi tunawisma dalam kondisi seperti ini, di mana mereka harus tinggal? kami menerimanya?” Demi Tuhan, akankah mereka pergi?

Tentara Israel memperingatkan melalui selebaran bahwa “siapa pun yang mendekati teroris atau fasilitas mereka akan membahayakan nyawanya.” “Setiap rumah yang digunakan oleh teroris akan diserang.”

READ  Negara bagian Texas AS melarang aborsi setelah enam minggu kehamilan

Brosur

Bulan lalu, tentara Israel menyebarkan selebaran serupa di Gaza utara. Menurut Palang Merah, sekitar 1,5 juta warga Palestina telah mengungsi sejauh ini. Banyak orang mengungsi ke selatan, seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini: