BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Warisan budaya Indonesia di pabrik roti

Warisan budaya Indonesia di pabrik roti

Oleh: Robert Heidman

Festival ini menampilkan warisan budaya eksotik Indonesia bagian timur melalui pertunjukan musik dan tari tradisional, serta kuliner khas Indonesia yang disukai banyak masyarakat Belanda. Warga Indonesia dari Belanda berpartisipasi dalam acara di ‘Smarakt Belt’ ini. Bersama-sama mereka membentuk komunitas besar, namun hidup tersebar di seluruh negeri. Di acara ini mereka bertemu satu sama lain.

Ikatan panas

“Dengan senang hati dan kehormatan saya berdiri di hadapan Anda hari ini sebagai Alderman Kotamadya Rijswij untuk secara resmi membuka festival budaya khusus ini,” kata Alderman van de Laar pada pembukaan. “Untuk merayakan warisan budaya Indonesia. Tentu saja ikatan antara Belanda dan Indonesia harus diperhatikan. Ikatan yang terkadang rumit, namun umumnya hangat dan kaya terjadi di banyak keluarga. Festival budaya seperti ini lebih dari sekedar pertemuan, kata Armand: “Ini adalah jendela jiwa suatu komunitas. Hari ini kita memulai perjalanan penemuan, membenamkan diri dalam tradisi, seni, musik, dan cita rasa yang menjadikan setiap budaya unik. Seperti orang Indonesia.”

Generasi muda

Aula besar toko roti sedang ramai. Banyak warung dengan kostum tradisional dan berbagai panggung dengan tarian dan musik. Tempat memasak menawarkan masakan Indonesia yang tidak tersedia di semua tempat. “Acara seperti ini penting bagi generasi muda untuk lebih mengenal budaya dan tradisi,” kata Duta Besar RI Mr. kata Mayerfass. Armand van de Laar diajak berkeliling olehnya.

Temanya adalah Indonesia Timur

Dubes RI menyampaikan, Indofest tahun ini mengusung tema Indonesia Timur untuk menampilkan budaya Indonesia Timur. Kawasan Timur Indonesia meliputi Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Indonesia Timur memiliki beragam kuliner lezat serta program dan produk budaya yang menarik. Banyak jenis makanan khas Indonesia Timur seperti pappeda dan masakan lainnya yang kurang terkenal di sini dan diperkenalkan pada kesempatan ini. Pabrik Roti semakin banyak digunakan untuk acara-acara yang berhubungan dengan Indonesia. Sejak tahun 2017, Indofest tahunan bagi masyarakat Indonesia di negara kita telah diadakan di Broodpabriek, menarik tiga hingga empat ribu pengunjung setiap tahunnya. Sebuah pasar juga diatur di sini. Basra Malam selanjutnya adalah pada tanggal 2 dan 3 Maret 2024 yang merupakan akhir pekan dimana pengunjung yang peduli dengan budaya India akan menikmati suasana eksotis.

READ  Diskusi meja bundar tentang Proyek Penelitian Pascakolonial Indonesia