BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Zoetermeers Dagblad |  Sebuah karya referensi menarik tentang imigrasi India ke Belanda

Zoetermeers Dagblad | Sebuah karya referensi menarik tentang imigrasi India ke Belanda

Den Haag dikenal sebagai ibu kota India di Belanda. Antara tahun 1945 dan 1968, sekitar 300.000 orang datang ke Belanda dari Indonesia. Banyak dari mereka datang ke Den Haag. Pada tahun 2023, negara kita akan memiliki sekitar dua juta orang yang memiliki hubungan dengan bekas jajahan tersebut.

‘Atlas Penyeberangan’ baru dari Indian Memorial Centre dan Walburg Press menjelaskan dengan sangat rinci siapa yang berangkat, kapan, apa alasan keberangkatan mereka, bagaimana perjalanan tersebut berlangsung dan bagaimana mereka diterima di Belanda. Melalui lusinan peta, bagan, dan infografis, Atlas menunjukkan bagaimana pergerakan masyarakat ini dibentuk oleh perang dan dekolonisasi.

Selain beberapa lusin foto sejarah dalam buku ini, dua belas kisah pribadi juga patut diperhatikan, karena foto-foto tersebut memberikan gambaran pada bagian tersebut dan memperjelas apa arti masa lalu bagi masyarakat.

Misalnya, mereka yang saat itu tidak dapat menemukan rumah sendiri untuk sementara ditampung di wisma sewaan, rumah liburan, dan hotel. Para imigran seringkali mendapat sambutan yang dingin dan merendahkan. Karena kurangnya rumah yang besar, memulai di Belanda tidaklah mudah. Butuh waktu bertahun-tahun bagi orang untuk menemukan rumah permanen.

Sejumlah besar komunitas

Melalui atlas ini, Indian Memorial Centre menggambarkan bagian penting dari sejarah kolonial Belanda yang sangat penting bagi sejarah keluarga semua orang yang berasal dari bekas Hindia Belanda dan Indonesia.

Karya referensi yang menarik juga memperjelas bahwa tidak ada satu komunitas pun di India. Mereka adalah sejumlah besar komunitas dengan latar belakang budaya dan etnis yang beragam.

‘Atlas of the Crossing’ cocok dengan pameran ‘Our Country’ di Museum Sophiahof di Den Haag. Seperti halnya pameran, buku ini sangat direkomendasikan.

READ  Diizinkan untuk bermimpi: Sepuluh tujuan ekowisata teratas ...

Informasi lebih lanjut: www.walburgpers.nl Dan www.museumsophiahof.nl