BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

11 pejalan kaki tewas dalam letusan gunung berapi Marabi di Indonesia

11 pejalan kaki tewas dalam letusan gunung berapi Marabi di Indonesia

Hal ini diungkapkan oleh kepala tim penyelamat setempat pada hari Senin. Sekitar 75 pendaki berada di dalam dan sekitar gunung berapi pada hari Minggu ketika gunung tersebut meletus. Sebagian besar turun sendiri atau dievakuasi oleh pihak berwenang.

Tiga pendaki ditemukan hidup. Mereka melemah dan mengalami luka bakar. Pencarian 12 pendaki yang hilang sulit dilakukan karena bahaya letusan gunung berapi. Beberapa pekerja penyelamat telah menderita luka bakar.

Abu vulkanik menimpa kota terbesar ketiga di Sumatera, Bukitingi, yang berpenduduk ratusan ribu jiwa. Jalan-jalan di kawasan itu juga tertutup abu. Para pejabat menyarankan warga di daerah tersebut untuk memakai masker dan penutup kepala. Saat ini, dilarang datang dalam radius 3 kilometer di sekitar gunung berapi.

Marabi tingginya hampir 2.900 meter dan populer di kalangan pendaki gunung. Sebagian besar pulau-pulau di Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, tempat tumbukan lempeng tektonik yang menyebabkan aktivitas gunung berapi dan gempa bumi. Indonesia memiliki lebih dari seratus dua puluh gunung berapi aktif di berbagai pulau. Berbeda dengan gunung berapi yang meletus pada hari Minggu di Sumatera, Merapi di pulau Jawa jauh lebih aktif.

READ  Harga minyak sawit jauh lebih rendah dari minyak nabati lainnya - analisis bahan baku