BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

15 orang lainnya hilang di kapal penangkap ikan Indonesia, dan dua mayat ditemukan di luar negeri

Setelah tabrakan antara kapal kargo dan kapal penangkap ikan di dekat pulau Jawa, Indonesia, Sabtu lalu, setidaknya 15 orang di kapal penangkap ikan itu masih hilang. Dua mayat telah ditemukan, dan 15 anggota awak lainnya dapat diselamatkan.




Didin Redwansi, Kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan, mengatakan kapal nelayan itu terbalik pada Sabtu malam dengan 32 orang di dalamnya, termasuk beberapa anak-anak, setelah bertabrakan dengan pengangkut kargo curah Indonesia MV Habco Pioneer di dekat kabupaten Indramayu.

Tidak ada korban jiwa di atas kapal. Kapal yang memuat minyak mentah dari pulau Kalimantan itu masih terhenti karena ada kipas yang meluncur ke jaring ikan, kata Redwanset.

Petugas penyelamat hanya menemukan dua mayat setelah pencarian panjang pada hari Minggu. Salah satunya terjebak di jaring ikan di kedalaman satu meter di bawah permukaan air, dan yang lainnya dikeluarkan dari kapal di kedalaman 11 meter.

Kecelakaan di laut lebih sering terjadi di Indonesia, negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau, karena penegakan keamanan yang buruk.

Tubuh salah satu anggota kru berhasil diselamatkan. © Agence France-Presse

Warga berbondong-bondong menyaksikan operasi penyelamatan.
Warga berbondong-bondong menyaksikan operasi penyelamatan. © Agence France-Presse

READ  Menggunakan kembali plastik mengarah pada masa depan Indonesia yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih cerdas