BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

18 orang tewas dalam kebakaran pabrik peleburan nikel di Indonesia

18 orang tewas dalam kebakaran pabrik peleburan nikel di Indonesia

Serikat pekerja menuntut perlindungan

Di penghujung tahun 2023 kita dikejutkan dengan kabar duka dari Indonesia. Tiga belas pekerja tewas dan 46 lainnya luka berat dalam kebakaran pabrik peleburan nikel di Kawasan Industri IMIP di Morowali, Pulau Sulawesi. Banyak dari mereka yang terluka parah kini telah meninggal dan semuanya telah berakhir Korban tewas Jumlahnya sudah bertambah menjadi 21. Pada bulan Oktober, Suzan Cornelissen dan Yuni Kurniyatiningsih dari CNV International mengunjungi IMIP di kawasan industri IMIP di Sulawesi untuk melihat dan mendengar langsung kondisi kerja dan kehidupan yang memprihatinkan. Kecelakaan itu mengejutkan, namun tentu saja tidak mengherankan mengingat keadaannya yang mengerikan.

Permintaan nikel melonjak dalam beberapa tahun terakhir karena transisi energi global, produk-produk seperti baterai listrik (misalnya mobil) dan nikel dalam turbin angin. Wilayah Morowali merupakan penghasil nikel terbesar di Indonesia. Kawasan industri IMIP kini memiliki 11 smelter nikel yang sebagian besar dimiliki oleh investor Tiongkok.

Serikat pekerja mitra kami, bersama dengan serikat pekerja lainnya, telah menuntut penyelidikan atas kondisi tersebut dan telah mengajukan 23 tuntutan untuk memperbaiki kondisi kerja. Misalnya, banyak mekanisme keamanan yang hanya tersedia dalam bahasa Mandarin, namun tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia. Banyak pekerja Tiongkok yang bekerja di sana, namun pekerja Indonesia merupakan mayoritas. Mereka diharapkan belajar bahasa Mandarin.

Selain itu, terdapat kekurangan petugas keamanan yang terlatih. Tidak ada fasilitas medis yang tersedia. Misalnya, karena jumlah ambulans tidak mencukupi, korban harus diangkut dengan truk. Selain itu, serikat pekerja juga menuntut agar tim tanggap darurat dibentuk untuk bertindak cepat jika terjadi kecelakaan.

Ke-23 persyaratan yang kini disusun sebagian besar berkaitan dengan ketidakamanan. Fakta bahwa upah terlalu rendah untuk hidup, perumahan yang buruk, dan upah lembur belum diperhitungkan.

READ  Rumput robek! - N.R.C.

Perjanjian Energi Terbarukan IMVO

Ditandatangani oleh CNV Internasional Perjanjian Energi Terbarukan. Koalisi luas yang terdiri dari perusahaan energi surya dan angin, dunia usaha, pemerintah Belanda, lembaga pengetahuan, LSM dan serikat pekerja telah bergabung dalam perjanjian ICSR untuk menjadikan rantai produksi internasional energi surya dan angin lebih berkelanjutan.

Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk bersama-sama mengatasi dan mencegah pelanggaran hak asasi manusia dan risiko kerusakan lingkungan melalui kerja sama. Mari kita berharap bahwa perjanjian ini, selain undang-undang baru Eropa mengenai ICSR, pada akhirnya akan memastikan bahwa perusahaan mengambil tanggung jawab atas rantai pasokan mereka pada tahun 2024.

Apa yang dilakukan CNV Internasional?

CNV International terlibat dalam persiapan untuk mendukung serikat pekerja di sektor nikel di Morowali pada tahun 2024. Kami ingin melihat asosiasi ini mendapatkan lebih banyak anggota dan memperkuat organisasi mereka dengan dukungan kami. Dengan cara ini mereka dapat lebih memperhatikan kondisi kerja yang berbahaya dan memperoleh keterampilan negosiasi yang lebih baik.

Pelajari lebih lanjut tentang topik ini:

Tanggal Rilis 11 01 2024