BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

2023 Puncak hujan meteor empat kali lipat dalam semburan api

Bulan-bulan pertama setiap tahun memiliki relatif sedikit hujan meteor, jadi selama minggu pertama objek empat kali lipat sering memikat para penikmat bintang ke luar. Mereka menyampaikan pertunjukan yang diharapkan oleh beberapa pengamat langit pada Selasa malam dan Rabu malam.

Meskipun bulan Desember penuh dengan peluang untuk menangkap meteor Geminid dan Ursid yang melimpah, hujan meteor Quadruple adalah satu-satunya hujan meteor besar di kuartal pertama tahun ini, memuncak sebentar pada Selasa malam dan Rabu pagi minggu ini.

Seperti Gemini Dan UrsidQuadrantids sering menjadi salah satu hujan paling kuat tahun ini, tetapi meteor ini tidak mendapat banyak perhatian seperti Perseids musim panas utara pada bulan Agustus yang melanda selama periode liburan musim panas banyak pengamat langit. Juga, jendela kesempatan untuk melihat Quadrantids cukup sempit, dengan aktivitas puncak yang intens hanya enam jam tahun ini, menurut Masyarakat Meteorit Amerika.

Pancuran lain mungkin memiliki puncak yang berlangsung satu atau dua hari, dengan aktivitas yang lebih sedikit tetapi masih berlanjut hingga hari-hari sebelum dan sesudah puncak yang sebenarnya.

Untuk menangkap Quadrantids, ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan: jam berapa puncak hujan di lokasi tertentu dan seberapa tinggi seperempat langit malam meteor Quadrantid tampaknya berasal dari saat itu.

Memprediksi momen yang tepat dari aktivitas puncak hujan meteor tidak memberikan jaminan, tetapi rentang target untuk waktu pengamatan terbaik tahun ini adalah antara pukul 03.40 dan 06.40 UTC pada 4 Januari (19.40 hingga 22.40). ) PM EST. Pasifik pada hari Selasa). Namun, wilayah langit tempat Quadrantid memancar keluar berada di konstelasi Bootes, Sang Gembala, dan pancaran ini tertinggi di langit antara sekitar pukul 2 pagi hingga 6 pagi waktu setempat.

READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb telah menemukan bahwa permukaan planet ekstrasurya mungkin tertutup lautan

Di mana dua jendela belahan bumi utara ini tumpang tindih, Anda memiliki tempat terbaik di planet ini untuk mengamati kuadran. Minggu ini sepertinya tidak ada tempat di atau dekat Atlantik Utara.

Prediksi membutuhkan sekitar 25 Quadrantid per jam dalam kondisi ideal, termasuk banyak bintang jatuh cepat dan beberapa bola api. Menurut beberapa prediksi, ledakan kuadranid keberuntungan yang menghasilkan hingga 120 meteor per jam juga mungkin terjadi.

pada Rabu malam Proyek Pemantauan Meteorit Radio Internasional Itu sudah melaporkan deteksi hingga 120 meteor per jam, meskipun tidak mungkin ada orang yang dapat melihat semuanya dengan mata telanjang, sebagian besar berkat Bulan, yang 92% penuh tadi malam.

Apa yang sebenarnya Anda lihat ketika meteor empat kali lipat melintas di langit adalah atom atau potongan kerikil asteroid 2003 EH1, yang diyakini beberapa astronom mungkin merupakan komet yang telah punah atau jenis benda baru yang terkadang disebut “komet berbatu”. Selama berabad-abad, EH1 telah meninggalkan jejak puing di jalurnya dan planet kita melewati aliran puing ini setiap bulan Januari.

Jika Anda melewatkannya, tandai kalender Anda untuk hujan meteor besar berikutnya, yang sayangnya tidak akan terjadi hingga Lyrid aktif pada akhir April.