BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

5 klub sepak bola terbaik di Indonesia

5 klub sepak bola terbaik di Indonesia

Sepak bola merupakan olahraga paling populer di Indonesia. Ini adalah olahraga yang paling banyak ditonton, dan tertinggi dalam hal kehadiran, partisipasi, dan pendapatan. Liga sepak bola papan atas di Indonesia dikenal dengan nama Liga 1. Banyak sekali klub-klub sepak bola papan atas di Indonesia yang bersaing memperebutkan piala. Badan nasionalnya adalah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang didirikan pada tahun 1993. Berikut 5 klub sepak bola terbaik di Indonesia.

1. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura bisa dibilang tim terbaik Tanah Air. Klub ini didirikan pada tahun 1963, namun tidak banyak yang diketahui tentang pendiri aslinya. Seragam kandang mereka adalah kemeja bergaris merah dan hitam dengan celana pendek hitam dan kaus kaki merah. Mereka bermain di Stadion Mandala yang berkapasitas 30.000 penonton di Jayapura. Mutiara Hitam telah meraih gelar juara Liga Super Indonesia domestik sebanyak 4 kali dan finis sebagai runner-up sebanyak 3 kali. Mereka juga telah memenangkan beberapa kompetisi piala lokal seperti Piala Antar Pulau dan Community Shield Indonesia. Mereka juga beberapa kali berkompetisi di Kejuaraan Klub Sepak Bola Asia.

2. Klub Arima

Tim Liga 1 merupakan salah satu klub terpopuler di Tanah Air. Didirikan pada tanggal 11 Agustus 1987 oleh Jenderal Angkatan Darat Indonesia Akob Zainal. Nama klub ini diambil dari tokoh legendaris dari cerita rakyat Indonesia bernama Kipo Arima, seorang ksatria zaman dahulu. The Mad Lions memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Kanjurohan yang berkapasitas 42.449 orang. Klub yang bermarkas di Malang ini telah memenangkan liga satu kali dalam sejarahnya, serta beberapa piala domestik. Mereka bermain dengan seragam kandang serba biru.

3. Bali Bersatu

Klub Indonesia ini merupakan salah satu tim termuda di tanah air yang didirikan pada tahun 2015 oleh pengusaha Peter Tanuri. Klub bermain dengan kemeja merah di atas celana pendek hitam dan kaus kaki merah. Tridatu Warriors telah memenangkan Liga Premier sekali dalam sejarah singkat mereka dan juga berkompetisi di beberapa kompetisi klub kontinental Asia.

READ  Menyingkirkan Taylor Fritz di Roland Garros dan Casper Rudd ke babak keempat | olahraga

4. Klub Tunggal Bhayankara

Guardian merupakan klub Indonesia yang bermarkas di Surakarta. Didirikan pada tahun 2010, klub ini terkenal karena hubungannya dengan kepolisian nasional. Bahkan, banyak pemainnya yang berprofesi sebagai polisi. Mereka bermain dengan seragam serba kuning dan juga pernah memenangkan liga. Pada tahun 2017, Bhayangkara menjadi juara kompetisi Liga 1 Spanyol.

5.Persija Jakarta

Klub ibu kota ini merupakan salah satu klub tertua di negara ini, yang didirikan pada 28 November 1928 oleh penjajah Belanda. Macan Kemayoran bermain dengan seragam kandang serba merah. Mereka telah memenangkan liga dua kali sepanjang sejarah mereka dan sering berkompetisi di turnamen klub Asia. Persija Jakarta merupakan klub sepak bola tersukses di Indonesia dengan 2 gelar Liga Indonesia dan 9 gelar Perserikatan. Persija Jakarta punya bermuka masam Bersaing dengan Persip Bandung di Liga Indonesia.

Baca juga: