BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ada kemungkinan bahwa “harta karun yang sangat besar” disembunyikan di piramida Khufu

Ada kemungkinan bahwa “harta karun yang sangat besar” disembunyikan di piramida Khufu

Pemasaran dan media24 Juni 24 08:32Dimodifikasi pada 24 Juni 24 pukul 08:48pengarang: Lotte van Coevorden

Pada bulan Maret 2023, para ilmuwan membuat penemuan penting di Piramida Khufu, satu-satunya keajaiban klasik yang tersisa di dunia. Mereka menemukan ruang rahasia di belakang pintu masuk aslinya. Namun pertanyaan besarnya masih ada hingga hari ini: Apa yang ada di balik tembok ini? Menurut Egyptologist Marilyn Reynders, ruangan ini bisa mengarah ke ruangan lain yang belum diketahui yang berisi harta karun dan mungkin mumi Khufu. “Itu akan sangat gila.”

Di podcast baru BNR, Factor Coifji, pembawa acara Paul Sanders dan para tamu menelusuri misteri kuno, potongan sejarah yang hilang, dan harta karun yang hilang. Dalam sepuluh episode, semua pertanyaan yang belum terjawab dibahas dalam cerita yang sangat menarik hingga bisa muncul langsung dari buku komik.

Faktor Tintin | Dengarkan semua episode

Pada tahun 2015, ilmuwan dari Mesir, Perancis, Jerman dan Jepang mulai menyelidiki Piramida Khufu. “Mereka ingin mengetahui seberapa besar sebenarnya struktur ini,” jelas Reynders. “Piramida tersebut selalu dianggap cukup kokoh, namun ada kecurigaan bahwa masih ada ruang yang belum diketahui.” Ternyata itu benar.

Pada tahun 2015, ilmuwan dari Mesir, Perancis, Jerman dan Jepang mulai menyelidiki Piramida Khufu. (Polisi Nasional Afghanistan/AFP)

Teknologi baru

Karena piramida sudah tua dan rapuh, para peneliti menggunakan teknik non-bedah baru, seperti metode radiasi. Pada tahun 2017, dua lubang besar ditemukan di piramida. Salah satu ruangan besar ini terletak di atas lorong besar yang mengarah ke ruang pemakaman tinggi Khufu. Kekosongan lainnya, yang menjadi masalah di sini, terletak beberapa meter di belakang pintu masuk aslinya. “Satu kamera memperlihatkan pintu beratap pelana dengan panjang sekitar tiga puluh kaki dan lebar empat kaki, ditumpuk sempurna dan ditata dengan indah.”

READ  Setidaknya 100.000 warga Ukraina hidup tanpa listrik akibat serangan udara Rusia

“Jika Anda menyerang piramida, Anda berisiko menghancurkan segalanya.”

Marilyn Reynders, Ahli Mesir Kuno

“Luar angkasa bisa mengarah ke mumi Khufu”

Reynders memberikan dua penjelasan tentang tujuan terowongan tersebut. Yang pertama, dan menurutnya kemungkinan yang paling menarik, adalah bahwa ruangan ini mengarah ke ruangan tak dikenal lainnya yang berisi harta karun dan bahkan mungkin mumi Khufu. “Mumi ini belum pernah ditemukan dan mungkin telah diculik oleh perampok makam pada zaman dahulu.”

Penjelasan lain yang mungkin adalah bahwa lorong yang baru ditemukan ini merupakan trik arsitektur untuk mengurangi tekanan pada konstruksi piramida. “Meskipun ini terdengar kurang menarik, setidaknya hal ini menarik bagi para ilmuwan,” Reynders menekankan. Penemuan ini memberikan pengetahuan lebih lanjut tentang kehebatan teknis arsitek Mesir 4.500 tahun lalu.

Pencarian berlanjut

Meski belum ada terobosan ilmiah, penelitian terus berlanjut. Reynders akan merasa gila jika para peneliti akhirnya menemukan ruang pemakaman yang berisi peti mati besar dan tubuh Khufu. “Bayangkan Khufu dikelilingi oleh benda-benda mewah dan gulungan papirus yang merinci bagaimana piramida itu dibangun,” katanya bersemangat. “Itu akan memecahkan misteri piramida dalam satu kali kejadian.”


Dengarkan semua episode Factor Tintin sekarang di aplikasi BNR