BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Afrika memiliki eksportir LNG lain yang lebih kaya setelah ekspor pertama Mozambik |  Ekonomi

Afrika memiliki eksportir LNG lain yang lebih kaya setelah ekspor pertama Mozambik | Ekonomi

Mozambik secara resmi mulai mengekspor gas alam cair (LNG). Hal ini diumumkan oleh Presiden Philip Nyusi pada hari Minggu. Dia mengatakan pengiriman pertama gas dari fasilitas LNG Terapung Coral Sol akan dimasukkan dalam pembukuan sebagai titik balik bagi negara.

Gas di Mozambik diekstraksi di lepas pantai sekitar 2 kilometer di bawah dasar laut. Ladang gas tersebut dikelola oleh perusahaan Italia Eni, yang investasinya diperkirakan sekitar 7 miliar euro dalam proyek gas tersebut.

Kilang LNG terapung yang digunakan perusahaan untuk ekstraksi jarang terjadi. Hanya ada dua contoh lain di dunia: satu dari Shell di Australia dan yang lainnya dari Petronas di Malaysia.

Menurut Badan Energi AS (EIA), Mozambik memiliki cadangan gas terbesar di benua Afrika setelah Nigeria dan Aljazair. Dengan pengiriman LNG pertama yang diekspor, Mozambik sekarang menjadi negara Afrika ketujuh yang mengekspor LNG. Selain Nigeria dan Aljazair, Mesir, Angola, Guinea Khatulistiwa dan Kamerun juga mengekspor LNG.

LNG dari Mozambik dapat membantu meringankan kelesuan di pasar global. Kekurangan ini terutama disebabkan oleh hampir tidak ada lagi aliran gas Rusia ke Eropa akibat perang di Ukraina dan sanksi terhadap Rusia.

READ  Anggota parlemen tidak memahami belasungkawa pemimpin Uni Eropa tersebut kepada Iran