BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Afterlove EP memberi saya kesempatan untuk merenungkan budaya India

Terkadang hidup tampak seperti musuh yang cepat dan sulit untuk berhenti dan melihat sekeliling. Misalnya, seorang teman baik baru-baru ini mengakui bahwa dia sebenarnya ingin bertanya kepada neneknya tentang segala macam hal. Tentang bagaimana Perang Dunia Kedua hidup dan bagaimana itu di masa lalu. Tapi sekarang sudah terlambat. Saya juga harus menghadapi bentuk rasa bersalah yang unik ini ketika kakek India saya meninggal.

Kami biasa berbicara berjam-jam tentang PC, gadget, film, dan game — jika kami tidak mengotak-atik salah satu dari lusinan komputernya atau streaming film yang diunduh ke TV 65-inci (Indiana Jones keluar). ). Tapi kami jarang membicarakan tunasnya. Sebagian karena dia trauma dengan perang dan sebagian lagi karena sebagai salah satu dari enam belas cucunya, saya tidak butuh waktu lama untuk menanyakannya. Akibatnya, koneksi saya ke Indonesia tidak lebih dari masakan ibu saya yang berharga, beberapa kata umpatan (karena Anda mempelajarinya terlebih dahulu, tentu saja), dan terdengar istimewa di beberapa kelompok lebih dari yang lain.

Lalu tahun lalu Tiba-tiba Afterlove EP, sebuah game dari studio Indonesia Pixelnesia di Jakarta, telah mengumumkan. Mengungkap campuran genre game ini dan premisnya membuat saya menyadari bahwa ada banyak hal yang bisa diperoleh dalam hal pengaturan game. Faktanya, sebagian besar permainan terbatas pada kota-kota global seperti Los Angeles, New York, dan Tokyo, dunia fiksi berdasarkan mereka atau negara berkembang tempat Anda memainkan protagonis sebagai orang Barat. Sementara video game adalah cara yang bagus untuk menemukan semua jenis tempat dan budaya berbeda yang ada di dunia kita, tanpa harus melakukan perjalanan panjang. Siapa tahu, Afterlove EP akan membantu saya mengenal Indonesia lebih baik sebelum saya berkunjung.

READ  Dana tersebut mencari investor dalam sebuah film tentang periode dekolonisasi di Indonesia

Afterlove EP adalah tentang Rama, yang pacarnya Cinta meninggal tiba-tiba dan benar-benar menghancurkan logikanya. Jadi, dalam game, Anda pada dasarnya sibuk mendapatkan kehidupan kembali, semua dalam konteks EP yang dijanjikan Rama untuk diselesaikan. Pixelnesia menggambarkan game ini sebagai campuran dari game petualangan, ritme, dan kencan. Almarhum Cinta bercerita sebagai semacam hati nurani pemain. Bisakah Anda menghargai masa lalu alih-alih mencoba melupakannya? Duka menjadi topik yang berkembang dalam game (The Last of Us: Part 2, Spiritfarer misalnya) dan EP Afterlove melanjutkan tren itu dengan cara yang menurut saya sangat menarik.

Omong-omong, Pixelnesia bukan hanya pengembang. Studio tersebut telah menyebar ke seluruh Indonesia dan dengan demikian cukup jauh, merilis game petualangan populer What Comes After pada tahun 2020. Game itu dengan terampil menangani tema serupa, di mana gadis Vivi berakhir di kereta api ke alam baka dan belajar pelajaran bijak dari penumpang yang sudah meninggal. . Hanya membutuhkan waktu satu jam dan sepadan dengan waktu Anda.

Selain itu, film Afterlove EP disutradarai oleh Mohamed Fahmy, yang juga menyutradarai simulator kedai kopi Coffee Talk. Dalam permainan itu, Anda menyajikan kopi ke alternatif Seattle yang penuh warna, sambil mendengarkan cerita mereka dan musik lo-fi yang lezat. Ini semacam permainan sepotong kehidupan di mana Anda memulai untuk sementara waktu dan kemudian membenamkan diri Anda dalam kisah-kisah pelanggan yang diceritakan dengan jelas. Coffee Talk benar-benar menjadi salah satu karya independen terbaik tahun 2020.

Itu sebabnya Afterlove EP lebih dari sekedar janji. Ditambah lagi, sepertinya Pixelnesia akhirnya berhasil kehilangan telurnya di Jakarta setelah memasukkan unsur budaya India sebelumnya ke dalam permainan mereka – terutama makanan alami. artis dari jakarta kedelai Ini berkaitan dengan arah artistik permainan, misalnya, yang paling baik digambarkan sebagai bentuk alternatif manga. Jika ada yang tahu bagaimana menghidupkan kembali kota dengan cara yang bermartabat, itu dia. Bagaimanapun, trailer pertama sudah penuh dengan detail gedung pemerintah, bank, pasar lokal, dan aspek budaya lainnya. Pengembang berjanji untuk melakukan segala kemungkinan untuk menunjukkannya dengan jujur.

READ  Tokyo International Music Market (TIMM) 2021 akan menyiarkan pertunjukan musik langsung di seluruh dunia selama tiga hari • Majalah AVO

Kami tahu sedikit tentang permainan, tentu saja. Ini adalah klise yang mengerikan ketika Anda menantikan untuk bermain game, tetapi dalam kasus ini ada cukup alasan untuk mempertahankan lengan Anda. Misalnya, merekam soundtrack dalam bentuk pandai besi terdengar sangat keren, tetapi permainan ritme yang menyertainya harus bekerja sedikit. Selain itu, pengisi suara di trailernya masih dipertanyakan dan semoga tidak menghalangi jalannya cerita.

EP setelah cinta

EP Afterlove tiba-tiba bukan obat untuk semua lubang yang terkadang saya rasakan, juga bukan “konfirmasi” identitas saya. Setidaknya, ini adalah bukti bahwa game indie membuka pintu ke budaya dan tempat lain, dan membantu kita melihat lebih dari yang biasa. Jika EP Afterlove akan mengajari saya hanya satu hal tentang akar India saya musim panas mendatang, saya akan sangat puas.