BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Alisa membuat buku anak-anak dengan ABC Indonesia: ‘Ibuku menyukainya’

Alisa membuat buku anak-anak dengan ABC Indonesia: ‘Ibuku menyukainya’

Alisa Vielegaard (31) dibesarkan di Belanda bersama saudara perempuannya dan ibu yang berkewarganegaraan Indonesia serta ayah yang berkewarganegaraan Belanda. Dia belajar tentang budaya yang berbeda ini sejak usia dini. Ketika dia hamil, dia dan ibunya yang sakit, Josephine, menemukan cara untuk menyebarkan budaya Indonesia melalui pendidikan. Menjadi buku anak-anak berjudul ‘ABC Indonesia’.

“Kita mengenal istilah ‘perdamaian India’ di masyarakat Indonesia. Artinya tidak membicarakan masa lalu,” kata Alisa. “Kakek dan nenek saya berimigrasi ke Belanda dengan perahu dari Indonesia pada tahun 1958. Mereka ingin sebisa mungkin berintegrasi ke sini. Itu dia. mengapa saya tidak belajar bahasa India. Ketika saya hamil, saya pikir sudah waktunya untuk mengubahnya. Saya ingin memberikan putri kami budaya dan bahasa Indonesia.

Ingatan nenek

Putri Jada telah lahir, namun sayangnya kesehatan ibu Alyssa semakin memburuk. Dia didiagnosis menderita kanker payudara, yang tidak dapat disembuhkan. Alyssa memutuskan untuk mewariskan kenangan neneknya kepada putrinya. Ini berima menurut abjad dengan kata-kata Indonesia dalam bahasa Belanda. “Ibuku bernyanyi untukku dan adikku dari buku anak-anak ABC dalam bahasa Belanda. Saya memiliki kenangan yang indah. Saya bertanya kepada ibu saya apakah ada yang seperti itu dalam bahasa Indonesia. Memang ada, tapi sudah tertanggal. Bersama-sama kami mulai menulis sajak untuk putri saya.

Publikasikan bukunya

Untuk mengejutkan ibunya, Alyssa ingin membuat buku sajak. Dia mulai mengerjakan ilustrasi, tetapi tidak bisa merahasiakannya lama-lama. “Suatu hari kami sedang memasak bersama dan ibu saya menyarankan agar kami membuat buku tentang sajak. Saya menjawab dengan acuh tak acuh karena saya tidak ingin memberikan apa pun. Tapi dia menyadarinya. Dia menjadi emosional ketika saya memberi tahu dia bahwa saya telah mengerjakan buku itu selama berbulan-bulan. Saya harus berjanji padanya bahwa saya akan menerbitkan buku itu untuk dibaca anak-anak lain.

READ  Bahasa Yunani Indonesia - Berita

Gambar dibawah baca selengkapnya >>

Foto Patty Indo dan Jetha dijadikan inspirasi sampulnya. | Gambar: Pribadi

F untuk keluarga

Sayangnya, ibu Alyssa tidak pernah melihat versi cetak buku tersebut. Dia meninggal setahun setelah cucunya lahir. Bagi Alyssa, menggambar dan menyelesaikan buku adalah salah satu cara untuk mengolah kesedihannya.

Buku tersebut berisi pantun ABC dan gambar yang dibuat oleh Alyssa. Termasuk warna dan angka. Inilah kata-kata yang Alyssa suka pelajari semasa kecil. Halaman favoritnya adalah huruf F di mana Anda dapat membaca ‘F untuk keluarga, itu ada dalam darahku’. Halaman ini menampilkan grafik putri Jeta bersama ayah, ibu, nenek Indo (ibu Alyssa), kakek Viking dan nenek Jackie. Patty Indo juga terlihat di sampulnya. Itu diambil dari foto terakhir Jayada dan neneknya. “Saat Jayda pertama kali melihat buku itu, dia langsung mengenali neneknya.”

Anda dapat membaca lebih lanjut di bawah foto >>

Cetakan pertama sudah habis terjual

Alyssa mengadakan peluncuran buku di perpustakaan kota untuk mempromosikan bukunya. Seratus buku pertama terjual dalam satu minggu. Edisi kedua sekarang siap dijual. “Saya mendengar orang-orang mengenali buku itu. Banyak keluarga yang mempunyai nenek Indo. Saya juga ditanya apakah saya ingin membuat lebih banyak buku ABC dalam bahasa lain. Saya harus memikirkannya lebih jauh. Suami saya adalah Andilian, jadi Nenek Jackie Jada mengajarkan kata-kata Papiamento. Tapi buku itu tentang bahasa yang kamu tidak tahu. Sangat sulit untuk dipersiapkan.

Penuhi janjinya

Saya sangat senang karena saya telah memenuhi janji saya kepada ibu saya. Patty masih menjadi bagian dari pengajaran budaya Indonesia, tidak hanya membekali Jada dengan kenangan neneknya. termasuk cucunya sendiri.”

Ingin ABC Indonesia di rumah Anda? Anda dapat memesan buku seharga 20,00 euro melalui situs web ini. Toko Y-Von di Wielwijk juga memiliki beberapa eksemplar.

READ  Formula E masih di tahun 2022 untuk ibu kota Indonesia Jakarta

Cerita Lainnya: