BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amerika Serikat ingin negara-negara G7 membentuk blok bersama melawan China

Amerika Serikat meminta sekutu untuk membentuk blok ekonomi bersama melawan China. Pejabat senior AS mengatakan Presiden Biden akan mempresentasikan rencananya hari ini, pada hari kedua KTT G7 di Cornwall, Inggris. Mereka berbicara di sela-sela KTT G7 di latar belakang dengan hadirnya media.

Kelompok Tujuh negara industri besar (Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris) bertemu kemarin untuk pertemuan puncak tiga hari. Agendanya termasuk memerangi pandemi Corona. Uni Eropa juga berpartisipasi dalam KTT tersebut, dan para pemimpin dari Australia, India, Korea Selatan dan Afrika Selatan juga telah diundang sebagai tamu.

Tetapi bagi Biden, KTT juga merupakan tempat untuk mengungkapkan keprihatinannya tentang China. Dia ingin negara-negara berbicara dengan satu suara menentang kerja paksa Muslim Uyghur dan minoritas lainnya di China.

Bersaing dengan jalan sutra baru

Selain itu, dia ingin mengumpulkan ratusan miliar untuk menawarkan alternatif untuk jalan sutra baru dari China. Ini adalah proyek infrastruktur besar-besaran yang dimulai China pada tahun 2013 dan dirancang untuk menghubungkan China dengan benua lain. Dengan ini, negara ingin merangsang perdagangan dengan seluruh dunia.

NOS op 3 menjelaskan apa arti Silk Road 2.0:

READ  Presiden baru Iran ingin "berinteraksi dengan dunia," bukan dengan Amerika Serikat di luar negeri