BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amsterdam menghormati Dick Schmol, pendiri bola voli Belanda

Permainan yang menarik

Bola voli didatangkan pada tahun 1928 oleh H. Th. Rosewinkel, direktur olahraga Asosiasi Pemuda Amsterdam AMVJ. Saat itu, AMVJ masih merupakan organisasi beraliran Kristen, yang telah aktif terlibat dalam olahraga sejak 1922. Hal ini membuat Belanda setara dengan YMCA, YMCA.

Rosewinkel pertama kali mendengar tentang bola voli melalui kontaknya dengan YMCA di London. “Dia dikreditkan dengan mengimpor permainan ke Belanda,” kata DJM Meyers dalam buku itu. Atlet menulis tentang olahraga mereka. Pada tahun 1930 beberapa anggota YMCA dibawa dari London ke Amsterdam untuk pelatihan bola voli, bola tangan dan bola basket, di bawah pengawasan Mr. Danau KAMI. Semua olahraga ini tidak dikenal oleh masyarakat umum pada waktu itu.

Pada tanggal 15 Januari 1930, para atlet Inggris dan Amsterdam ini melakukan berbagai demonstrasi. Pertama-tama, kami melihat bola voli, lapor surat kabar itu. tinjauan Olahraga, “permainan yang menarik, benar-benar terlihat lebih mudah daripada yang terlihat.” Para pemain Belanda itu sudah menjadi anggota AMVJ, tapi dari cabang olahraga lain. Mereka semua memakai seragam masing-masing, sehingga ternyata ada perenang, petinju, dan pemain hoki di lapangan voli. “Tampilan dan tekniknya mungkin tidak sempurna,” tulisnya. majalah perdagangan umum“Itu adalah antusiasme.”

Olahraga baru ini berjalan sangat baik sehingga AMVJ membentuk tim yang serius. Pada bulan Oktober tahun itu, teman-teman olahraga Inggris kembali dari London ke Amsterdam untuk menghadiri pertandingan bola voli resmi pertama di Belanda. Bahasa Inggris terbukti sangat baik dalam penyimpanan – masih di surat kabar tahun 1930-an melayani nama barangnya. Tim Amsterdam, yang kali ini bermain dengan seragam yang sama, unggul dalam kerja tim. Menurut laporan pertandingan, “Justru dengan bola yang berubah arah tepat sebelum mencapai net, AMVJ sering berhasil.” Pertandingan berakhir imbang 1-1 dengan hanya dimainkan dua set.

READ  Vissteiger voor gehandicapten in Aude Nieddorp