BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Anda akan segera berkesempatan melihat bintang meledak: “hal yang terjadi sekali seumur hidup,” kata NASA

Gerhana besar telah melewati Amerika Utara, namun para pengamat langit akan segera memiliki kesempatan untuk melihat sesuatu pakar NASA Hal ini digambarkan sebagai peristiwa “sekali seumur hidup”.

Sebuah sistem bintang yang terletak 3.000 tahun cahaya dari Bumi diperkirakan akan segera terlihat dengan mata telanjang akibat ledakan nova, sebuah peristiwa yang hanya terjadi setiap 80 tahun sekali. “Bintang suar”, yang secara resmi dikenal sebagai T Coronae Borealis, atau T CrB, terakhir meledak pada tahun 1946 dan para astronom yakin ledakan tersebut akan terjadi lagi antara Februari dan September 2024.

Baca selengkapnya: Jalur Gerhana Matahari Total 12 Agustus 2045: Alabama Salah Satu dari 10 Negara Bagian yang Jalur Gerhana Matahari Total

Bill Cook, kepala Kantor Lingkungan Meteorit NASA di Marshall Space Flight Center di Huntsville, mengatakan memprediksi waktu terjadinya ledakan jauh lebih sulit dibandingkan memprediksi gerhana, namun ia mengatakan jika hal itu terjadi maka hal itu akan menjadi “sesuatu yang akan Anda ingat”.

“Melihat bintang ini meledak lebih jarang terjadi dibandingkan gerhana matahari.” kata Cook kepada NPR. “Jadi, ini adalah hal yang terjadi sekali seumur hidup.”

Sistem bintang biasanya terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi kecerahannya akan melonjak hingga mencapai kecerahan Bintang Utara, Polaris, selama peristiwa tersebut. Jika hal ini terjadi, maka akan terlihat selama beberapa hari bahkan lebih lama lagi jika menggunakan teropong.

NASA mengatakan ledakan itu akan terjadi di dekat konstelasi Corona Borealis, atau Mahkota Utara, sebuah busur setengah lingkaran kecil yang membawa Botes dan Hercules. Di sinilah ledakan akan muncul sebagai bintang terang “baru”.

Menurut NASA, nova yang berulang adalah satu dari hanya lima nova yang ada di galaksi kita.

READ  Sebuah studi baru menunjukkan bahwa Covid meningkatkan risiko gangguan otak
NASA mengatakan ledakan itu akan terjadi di dekat konstelasi Corona Borealis, atau Mahkota Utara, sebuah busur setengah lingkaran kecil yang membawa Botes dan Hercules. Di sinilah ledakan akan muncul sebagai bintang terang “baru”.