BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Anggota parlemen Indonesia menuntut aturan yang lebih ketat untuk menghindari krisis batubara lainnya

Komite energi parlemen bertemu selama reses pada hari Selasa, khawatir bahwa pengekspor batubara termal terbesar di dunia akan mengulangi krisis pasokan domestik akhir tahun lalu, yang menyebabkan larangan ekspor multi-minggu pada Januari dan memicu kepanikan di antara pembeli asing. .

Indonesia memberlakukan apa yang disebut Komitmen Pasar Domestik (Domestik Market Commitment/DMO), yang mengharuskan penambang untuk menjual 25% dari produksi mereka ke darat, dengan harga dibatasi $70 per ton untuk pembangkit listrik dan $90 per ton untuk industri lokal.

Meskipun cadangan batu bara Perusahaan Listrik Negara (PLN) berada di atas tingkat aman 4,5 juta ton, pasokan turun karena permintaan listrik meningkat, kata presiden perusahaan Darmawan Prasodjo dalam sesi tersebut.

“Jika ini terus berlanjut, kita mungkin menghadapi krisis lain,” kata Darmawan.

Menteri ESDM Arfin Tarrif mengakui adanya risiko terkait masalah pasokan dalam negeri karena tingginya gap antara harga yang ditetapkan dalam negeri dengan harga yang dibayar pembeli di luar negeri.

“Ada kecenderungan untuk menghindari kontrak dengan industri lokal,” kata Arefin kepada panitia.

Harga referensi batu bara di Indonesia tetap di atas $70 per ton sejak Januari 2021, tetapi naik ke rekor $321,59 per ton bulan ini, karena perang di Ukraina semakin memperketat pasokan energi.

Anggota parlemen mendesak pihak berwenang untuk meninjau denda atas ketidakpatuhan terhadap DMO dan membentuk badan untuk membantu PLN mengamankan pasokan batu bara dan mengumpulkan biaya.

“Kita perlu mengkaji ulang mengapa perusahaan lebih memilih membayar denda daripada memenuhi kewajibannya, pasti ada yang salah di sini,” kata Perwakilan Zia Norwitasari.

Anggota DPR lainnya, Donny Mariadi Okun, mengatakan menipisnya stok PLN menjadi peringatan bagi pemerintah untuk bergerak cepat.

READ  Rekrutmen mahasiswa asing mengganggu keluhan tentang pertumbuhan

Dalam sambungan telepon dengan Reuters, Hendra Senadiah, seorang pejabat Asosiasi Penambang Batubara Indonesia, mengatakan anggota yang memiliki kontrak dengan PLN wajib memenuhi persyaratan, dan asosiasi tidak dapat mengomentari total cadangan batu bara di PLN.