BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ankara mengakhiri penentangannya terhadap aksesi Swedia ke NATO

Ankara mengakhiri penentangannya terhadap aksesi Swedia ke NATO

internasional11 Juli ’23 6:30Dimodifikasi 11 Juli ’23 06:52pengarangS: Jasper Dames dan Mark Van Hareveld

Swedia dapat bersiap untuk bergabung dengan NATO. Presiden Turki Erdogan mengakhiri perlawanan negara Skandinavia itu. Presiden NATO Stoltenberg mengumumkan hal ini selama konferensi pers yang dimasukkan di Vilnius, di mana KTT NATO akan dimulai besok. “Semuanya berubah menjadi cairan di bawah tekanan,” kata koresponden Eropa Geert Jan Hahn.

Türkiye dan Swedia menyetujui perjanjian bilateral malam ini. “Ini adalah langkah bersejarah. Aksesi Swedia membuat kami lebih kuat dan lebih aman,” kata Stoltenberg. “Ini baik untuk kita semua, Turki juga mendapat manfaat dari ini sebagai sesama anggota. Sekarang kita bisa melanjutkan, dan ini bisa pergi ke Parlemen Turki untuk diratifikasi. (ANP/Pers Terkait)

Türkiye dan Swedia menyetujui perjanjian bilateral malam ini. “Ini adalah langkah bersejarah. Aksesi Swedia membuat kami lebih kuat dan lebih aman,” kata Stoltenberg. “Ini baik untuk kita semua, Turki juga mendapat manfaat dari ini sebagai sesama anggota. Sekarang kita bisa melanjutkan, dan ini bisa pergi ke Parlemen Turki untuk diratifikasi.

Semuanya cair di bawah tekanan. Pepatah itu benar di sini di Lituania, di mana Presiden Turki Erdogan telah meningkatkan tekanan pada Swedia dengan menghubungkan keanggotaan NATO Swedia dengan keanggotaan Turki di Uni Eropa. “Swedia harus mendukung Türkiye dalam hal ini,” kata Erdogan. Dan kemudian, Turki secara alami mendukung Swedia melalui keanggotaannya di NATO. Dan ya, memang begitu.

“Tiba-tiba Senin larut malam, Swedia tampaknya bergabung dengan NATO”

Gert-Jan Han, Koresponden Eropa

Bagian dari kesepakatan itu, menurut koresponden Eropa Gert Jan Haan, adalah fokus yang lebih besar bagi NATO dalam memerangi terorisme, poin penting bagi Erdogan dalam perang melawan PKK Kurdi. Untuk pertama kalinya dalam keberadaan NATO, koordinator kontraterorisme ditunjuk. Selain itu, organisasi ini sadar bahwa perang melawan terorisme lebih serius.

Baca juga | Geert Jan dipanggil di Vilnius: ‘Saya menerima ancaman dari NATO’

keanggotaan Uni Eropa

Sebelumnya hari ini, tampaknya Türkiye akan terus memblokir aksesi potensial Swedia. Erdogan mengindikasikan bahwa dia menginginkan keanggotaan UE sebagai imbalan atas persetujuan Swedia atas keanggotaan NATO.

Yang terakhir juga tampaknya menjadi bagian dari kesepakatan. Swedia berjanji untuk mendukung proses aksesi UE Turki, termasuk modernisasi serikat pabean UE-Turki dan fasilitasi visa. Dengan demikian, Erdogan mendapatkan apa yang diinginkannya dari Swedia.

Swedia

Presiden Swedia Ulf Christerson menyambut baik kesepakatan tersebut. “Ini hari yang baik untuk Swedia, saya sangat senang. Ini adalah hari yang panjang dalam perjalanan panjang dari Swedia ke NATO,” katanya pada konferensi pers.

Padahal, Swedia sudah memenuhi semua persyaratan Turki yang disepakati di Madrid pada KTT sebelumnya.

Koresponden Eropa Jean Han berubah

Stoltenberg mengatakan Hongaria, yang juga menentang aksesi Swedia, juga akan melanjutkan dengan ratifikasi. Hongaria memperjelas bahwa itu bukan negara terakhir yang meratifikasi. “Jadi saya pikir masalah ini akan terpecahkan.” “Tidak diketahui kapan Hongaria akan meratifikasi,” kata Hahn. Negara itu mengatakan bahwa jika Türkiye melakukannya, Budapest juga akan melakukannya. Hahn juga percaya bahwa Joe Biden senang, tetapi apakah Turki akan menerima jet tempur AS berdasarkan kesepakatan ini tidak diketahui.

READ  Hampir satu juta euro dikumpulkan untuk penembakan seorang agen Prancis.. Lima kali lebih banyak dari yang dikumpulkan untuk keluarga Nahil | di luar