BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa perkembangan utama di COP27 sejauh ini?

Apa perkembangan utama di COP27 sejauh ini?

2. Hilangnya dan musnahnya suatu mata acara untuk pertama kalinya

Topik tersebut menjadi salah satu pokok bahasan utama pada KTT iklim di Mesir Kerugian dan kerusakan. Ini tentang kompensasi finansial atas konsekuensi perubahan iklim bagi negara-negara miskin. Negara-negara ini memikul sedikit tanggung jawab atas perubahan iklim karena tingkat emisi mereka jauh lebih rendah daripada negara-negara kaya. Tetapi mereka menderita akibat perubahan iklim dan memiliki lebih sedikit sumber daya untuk mempersenjatai diri melawannya.

Pakistan adalah contoh yang sangat baik untuk ini. Banjir di negara itu menyebabkan kerugian ekonomi melebihi 30 miliar dolar. Selama COP27, Menteri Iklim Sherry Rehman mengatakan kepada Reuters bahwa ‘distopia iklim Pakistan benar-benar menimpa kita’ dan menyerukan (lebih banyak) kompensasi dari negara-negara kaya.

Langkah pertama ke arah ini diambil selama KTT Iklim. Misalnya, proposal pertama untuk dana semacam itu dibuat oleh Kelompok 77 (aliansi dari 134 negara berkembang) dan China. Jerman dan Belgia juga mengumumkan alokasi masing-masing 170 dan 2,5 juta Kerugian dan kerusakan. Rencana untuk apa yang disebut Perisai universal Meluncurkan: sebuah program yang mengumpulkan (dan meningkatkan) semua inisiatif yang terkait dengan penggantian kerugian iklim dan mendukungnya.

Ada juga perlawanan. Misalnya, Amerika Serikat telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan mendukung bentuk kompensasi iklim yang mengikat secara hukum.

3. “Brasil kembali”

Presiden Brasil yang baru terpilih, Luiz Inácio Lula da Silva, juga menghadiri COP27 di Mesir. Dia membuat sejumlah pernyataan yang menggembirakan. Pertama, negara Amerika Selatan itu akan kembali terlibat dalam perang melawan perubahan iklim setelah masa jabatan mantan Presiden Jair Bolsonaro yang menghancurkan Amazon. “Brasil kembali,” kata Lula da Silva.

READ  Binance sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan kelas berat Indonesia untuk memasuki pasar

Ia juga mengumumkan bahwa Brasil ingin menyelenggarakan COP30 pada tahun 2025, dengan wilayah Amazon sebagai tempatnya. “Tidak ada keamanan iklim bagi dunia tanpa Amazon yang dilindungi,” katanya tentang wilayah tersebut. “Kami berkomitmen untuk nol deforestasi dan degradasi Amazon pada tahun 2030.”

4. Mendukung adaptasi iklim

Meski mentah, negara harus bersiap menghadapi konsekuensi perubahan iklim. Tetapi tidak semua orang memiliki sumber daya untuk ini. Komisaris Eropa Frans Timmermans mengumumkan bahwa Uni Eropa (bersama dengan empat negara anggota, termasuk Belanda) menyediakan lebih dari 1 miliar euro untuk adaptasi iklim di Afrika. Ditekankan bahwa jumlah adalah titik awal. Selain itu, Uni Eropa mengusulkan untuk menyediakan 60 juta euro Kerugian dan kerusakan.

5. Miliaran untuk pertanian tahan iklim

Inisiatif oleh Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab bertujuan untuk membantu memerangi iklim dan mengurangi emisi di sektor pertanian. 8 miliar dolar AS akan disediakan untuk tujuan ini. disebut Misi Inovasi Pertanian untuk Iklim AIM diluncurkan tahun lalu, tetapi jumlah uang yang tersedia untuk itu telah meningkat secara dramatis.

6- PBB akan mencari kebocoran gas metana melalui satelit

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan pada COP27 bahwa mereka meluncurkan basis data publik tentang kebocoran metana yang dilacak satelit. Database harus mendorong perusahaan untuk mengatasi tumpahan metana dan mengurangi emisi metana.

sistem memiliki Sistem peringatan dan respons metana, atau singkatnya MARS, dan harus mendukung target pengurangan metana yang sekarang ditandatangani oleh lebih dari seratus negara. Ambisinya adalah untuk mengurangi emisi metana hingga 30 persen pada tahun 2030.

7. Selamatkan hutan hujan

Brasil, Republik Demokratik Kongo, dan Indonesia memiliki kawasan hutan hujan terluas di dunia. Ketiga negara kini telah mengumumkan bahwa mereka bergabung untuk melindungi hutan hujan, seperti yang mereka umumkan di COP27. Tujuannya: untuk mencegah deforestasi, sehingga hutan hujan dapat terus memenuhi peran pentingnya sebagai “baterai penyimpan” karbon dioksida.

READ  Edisi peringatan 15 tahun Aqua Nederland menarik 6.200 pengunjung • Pomp NL