BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa yang dikatakan Barbie tentang persewaan terdekat?

Apa yang dikatakan Barbie tentang persewaan terdekat?

Barbie adalah simbol paradoks rantai pasokan saat ini. Ini bukan global atau lokal. keduanya.

Film Barbie live-action pertama akan dirilis pada bulan Juli. Disutradarai oleh Greta Gerwig, penulis Lady Bird dan Little Women, dua film dengan karakter yang kuat. Cuplikan mengolok-olok 2001: A Space Odyssey, menunjukkan bahwa apakah Anda suka atau tidak, Anda akan memperlakukan Barbie dengan mengedipkan mata.

Jika film ini menjadi hit, itu bisa memahkotai kembalinya Mattel, salah satu produsen mainan terbesar di dunia, dengan merek seperti Barbie, Hot Wheels, dan Fisher-Price. Lima tahun lalu, perusahaan itu lesu, setelah membuang tiga CEO dalam empat tahun dan kehilangan lisensi selama puluhan tahun untuk memproduksi boneka ke Disney untuk menyaingi Hasbro. Di bawah Yinon Kreiz, CEO sejak 2018, basis biaya, neraca, jejak produksi, dan moral semuanya meningkat. Tahun lalu, Mattel memenangkan kontrak Disney. Film Barbie blockbuster akan menjadi lapisan gula pada kue.

Kami melakukan perjalanan ke Monterrey, di Meksiko utara, bulan ini untuk melihat bagaimana Mattel mengkonsolidasikan operasi manufakturnya di Amerika Utara menjadi satu pabrik Meksiko, yang terbesar di dunia. Kami pikir Barbie tidak hanya akan menjadi bintang layar perak, tetapi juga melambangkan tren baru dalam perdagangan: nyaris. Sayangnya, tidak ada Barbie yang terlihat di antara mainan berwarna cerah di jalur perakitan. Satu-satunya pertunjukan yang ditampilkan adalah properti di Barbie Dream House, sebuah mansion yang merupakan salah satu pameran seni pabrik. Sebenarnya Barbie sama sekali bukan buatan Meksiko, tapi masih dibuat di Indonesia dan China.

Barbie, tidak seperti rumah impian, tingginya hanya 29 cm. Ini membuatnya sangat murah untuk mengirim dalam jumlah besar dari Asia ke Amerika.

Hal ini membuat Barbie menjadi simbol dari sesuatu yang sangat berbeda: ketidakkonsistenan dalam rantai pasokan saat ini. Mattel tidak hanya membawa beberapa produksi lebih dekat ke rumah, tetapi juga mempertahankan produksi dunia di Asia. Dalam lanskap bisnis di mana permintaan semakin sulit diprediksi, lingkungan yang rapuh dan geopolitik yang tidak stabil, inilah realitas baru bagi produsen multinasional. Mereka harus global dan lokal pada saat yang sama, bahkan jika itu membuat rantai pasokan mereka menjadi lebih kompleks.

READ  Tahun 2024 Indonesia harus punya ibu kota baru...atau tidak

Taruhan Meksiko

Terlepas dari apa yang mungkin dipikirkan oleh politisi AS, alasan utama di balik pasokan yang hampir habis bukanlah gangguan rantai pasokan China. “Harus ada fleksibilitas,” kata Roberto Isaias, presiden rantai pasokan di Mattel. Dalam beberapa kasus, masuk akal untuk mempersingkat rantai pasokan untuk merespons perubahan permintaan konsumen dengan lebih baik. Dalam kasus lain, lebih baik memprioritaskan produksi berbiaya rendah, tidak peduli seberapa jauh pabriknya.

Untuk memahami strategi dua cabang Mattel, mari kita lihat pro dan kontra dari Meksiko. Di sisi positifnya, itu berdekatan dengan pasar terbesar di dunia. Ini memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Amerika dan Kanada, yang memfasilitasi arus barang dan jasa lintas batas. Biaya tenaga kerja menjadi lebih sebanding dengan yang ada di Asia Tenggara (tenaga kerja Cina lebih mahal selama bertahun-tahun). Staf mungkin tidak sefokus rekan-rekan Asia mereka, tetapi mereka lebih kooperatif. Orang Meksiko memperlakukan majikan dan kolega yang baik seperti keluarga dan menyumbangkan ide untuk membuat segalanya lebih efisien, kata Roberto Isaias, yang juga orang Meksiko. Meksiko juga kurang lebih kebal dari meningkatnya persaingan China-Amerika, yang memperkenalkan unsur risiko ke dalam semua rantai pasokan Asia.

Namun, Meksiko juga menimbulkan beberapa risiko komersial. Meskipun Mattel dan Lego, pesaing Denmark yang lebih besar, telah menetap di wilayah Monterey selama bertahun-tahun, industri mainan belum memiliki ekosistem pemasok peringkat rendah untuk menyaingi di sisi lain Pasifik. Misalnya, resin plastik yang digunakan di pabrik Mattel di Monterey dikirim dengan kereta api dari Amerika dan Kanada. Cetakan yang dituangkan plastik panas berasal dari Cina. Infrastruktur Asia juga tetap lebih solid dibandingkan Meksiko. Di Monterey, Mattel tidak memiliki keluhan tentang pasokan listrik dan airnya, yang kredibilitasnya terkadang meninggalkan sesuatu yang diinginkan. Tetapi Roberto Duran Fernandez dari Institute of Technology mengatakan arus masuk investasi baru-baru ini dari pembuat mobil seperti Tesla ke Nuevo León, rumah bagi Monterrey, dapat menambah tekanan pada berbagai infrastruktur, termasuk jalan raya dan perumahan.

READ  Akankah geopolitik atau teknologi membentuk kembali sistem moneter global?

Seri Barbie Mattel mengilustrasikan pertimbangan ini. Rumah impiannya setinggi tiga lantai, berat, dan mahal — jenis barang yang biasanya dibeli orang tua untuk Natal. Karena dibuat di Meksiko utara, itu dapat dikirim ke Amazon, Target, Walmart, dan pengecer lain di Amerika dalam waktu 48 jam, memungkinkan Mattel menunggu hingga relatif terlambat menjelang Natal untuk memperkirakan permintaan. Kedekatan dengan pasar juga mengurangi biaya transportasi dan emisi CO2.

Boneka Barbie yang berbeda. Tingginya hanya 29 inci dan dikenal dengan perawakannya yang ramping. Ini membuatnya sangat murah untuk mengirim dalam jumlah besar dari Asia ke Amerika. Permintaan boneka relatif dapat diprediksi, sehingga waktu pengiriman yang lama menimbulkan risiko pasar yang lebih kecil. Dia juga berpenampilan rumit, dengan kunci yang terawat baik dan pakaian yang disesuaikan — sebuah tradisi keahlian yang telah dibudidayakan selama beberapa generasi di pabrik-pabrik Asia. Jika permintaan untuk boneka tertentu meningkat, Mattel dapat dengan cepat menyediakannya ke subkontraktor China karena meningkatkan kapasitas produksinya.

solusi mimpi

Bagi Mattel, close rental adalah hal lain Pekerjaan sedang berlangsung. Ia mencoba mengembangkan pemasok perkakas lokal untuk mengurangi ketergantungan pada China. Untuk menjadi negara adikuasa yang hampir membumi, Meksiko juga membutuhkan itu. Harapannya, seiring berjalannya waktu, industri dari pembuat mobil hingga pembuat mainan akan mengembangkan jaringan pemasok terintegrasi di seluruh negeri untuk mengurangi kemacetan perbatasan. Sejauh menyangkut Barbie, strategi pasokan yang optimal mungkin adalah memproduksinya sedekat mungkin dengan pasar terbesarnya, asalkan biaya tetap masuk akal, sehingga dapat dengan cepat menanggapi permintaan konsumen. Meski CEO Kreese tidak lagi menganggap mereka bisa dibuang. Dia melihat mereka sebagai penggemar

READ  Wawasan Pasar Ragi Food Grade, Peluang Bisnis Mendatang dan Prakiraan hingga 2030