BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah Anda ingin membeli teleskop rumah?  Tips dari astronom profesional untuk membantu Anda memilih

Apakah Anda ingin membeli teleskop rumah? Tips dari astronom profesional untuk membantu Anda memilih

Meskipun mata telanjang atau teropong dapat mengungkap sebagian besar langit malam, teleskop dapat mengungkap lebih banyak lagi. Melihat cincin atau kawah bulan Saturnus dengan mata kepala sendiri bisa menjadi momen yang indah.

Namun, memilih teleskop yang tepat bisa jadi sulit. Ada teleskop dengan lensa dan teleskop dengan cermin. Teleskop yang diputar dengan tangan dan dikontrol secara elektronik. Teleskop juga hadir dalam berbagai ukuran, dengan trade-off antara kekuatan pengumpulan cahaya, portabilitas, dan harga.

Meskipun ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, perubahan harga dan teknologi membuat pemandangan kosmos yang menakjubkan lebih mudah diakses dibandingkan satu dekade lalu.



Baca selengkapnya: Apakah Anda ingin memasuki dunia bintang? Seorang astronom profesional menjelaskan harus mulai dari mana


Seberapa besar lubangnya?

Apertur sangat penting bagi teleskop. Semakin besar lensa atau cermin yang mengumpulkan cahaya, semakin redup objek yang terlihat. Gandakan bukaan dari diameter 50mm menjadi diameter 100mm, dan area pengumpulan cahaya akan berlipat empat.

Cermin atau lensa yang lebih besar menangkap lebih banyak cahaya. Cermin ini berasal dari salah satu teleskop William Herschel.
Michael Brown

Bukaan juga membatasi tingkat detail yang dapat Anda lihat, akibat difraksi (interferensi) cahaya.

Sekali lagi, lebih besar lebih baik – teleskop dengan bukaan lebih besar akan menghasilkan gambar lebih tajam dibandingkan teleskop bukaan lebih kecil dengan desain serupa. Turbulensi atmosfer bumi juga mendistorsi gambar, sehingga membatasi detail yang dapat dilihat bila aperture lebih besar dari 150 mm.

Teleskop murah terkadang diiklankan dengan pembesaran, tetapi teleskop kecil dengan pembesaran tinggi membuat gambar buram menjadi lebih besar tanpa mengungkapkan lebih banyak detail.

Refraktor atau reflektor?

Haruskah Anda membeli teleskop pembias atau cermin pemantul? Itu tergantung pada apa yang ingin Anda lihat, dan anggaran Anda.

Pembiasan teleskop

Pembiasan teleskop Ini bagus untuk melihat objek di tanah dan di langit. Teleskop pembiasan dengan panjang fokus pendek (yang cahayanya terfokus di dekat lensa okuler) cukup ringkas dan bagus untuk pemandangan dengan perbesaran rendah, sehingga bagus untuk memindai langit pedesaan yang gelap.

Namun, ada kendalanya. Meskipun teleskop pembiasan bukaan 70mm cukup terjangkau, teleskop pembiasan yang lebih besar seringkali lebih mahal daripada teleskop pemantul sejenis.

Teleskop pembiasan juga mengalami penyimpangan kromatik – yaitu warna yang berbeda tidak menjadi fokus – dan hal ini terutama terlihat pada perbesaran tinggi ketika bintang memperoleh lingkaran cahaya berwarna. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan desain lensa yang rumit, namun hal ini meningkatkan biaya.

Teleskop refleksi

Teleskop refleksi Gunakan cermin untuk memfokuskan cahaya. Ini cenderung lebih besar dan tidak mengalami penyimpangan kromatik.

Teleskop Dobsonian Menampilkan desain optik Newtonian yang sederhana dan dudukan kayu, ini adalah pilihan yang sangat hemat biaya (meskipun terkadang berukuran besar) untuk aperture yang lebih besar. Schmidt Cassegrain Teleskop Maksutov, yang menggunakan kombinasi lensa dan cermin, lebih kompak (nilai tambah yang besar), tetapi juga lebih kompleks dan mahal.

Sebuah teleskop putih di atas pasir hitam terletak di teras keramik
Teleskop Dobsonian adalah pilihan yang terjangkau untuk teleskop bukaan besar.
Wotichai Charonburi/Flickr, CC oleh

Bagaimana cara menemukan benda di langit? Tergantung gunungnya

Apakah Anda ingin melihat benda angkasa? Anda harus mengarahkan teleskop ke arah yang benar, menjaganya tetap diam, dan mengikuti objek saat bergerak melintasi langit (akibat rotasi bumi).

Untuk melakukan ini, sebuah teleskop Itu membutuhkan tunggangan, yang sering dijual bersama teleskop tetapi juga dapat dibeli terpisah. Pegunungan terbagi dalam dua kategori besar.

Pegunungan tropis Ia memiliki poros yang sejajar dengan poros bumi, sehingga satu motor dapat mengimbangi rotasi bumi. Tunggangan ini diperlukan untuk mengambil gambar eksposur panjang dengan teleskop sebelum komputer dan cenderung relatif berat.

Teleskop hitam besar di gunung putih duduk di balkon
Teleskop memerlukan perangkat keras yang dipasang agar dapat diposisikan dan dipegang dengan aman di tempatnya.
Mike Putih/Flickr, CC BY-NC-ND

Pemasangan azimuth alternatif Mereka memiliki sumbu vertikal dan horizontal (misalnya, bagaimana kamera dipasang pada tripod), dan cenderung lebih murah dan ringan dibandingkan dudukan khatulistiwa. Dengan kemajuan komputasi yang murah, mereka kini dapat digunakan untuk secara otomatis menunjuk dan melacak benda-benda langit.

Untuk mengarahkan teleskop ke benda langit, Anda dapat menggerakkannya secara manual atau meminta bantuan perangkat elektronik, termasuk dudukan “goto” dengan motor yang menggerakkan teleskop untuk Anda.

Teleskop manual sepenuhnya akan lebih murah daripada teleskop otomatis, tetapi Anda harus menavigasi sendiri di angkasa.

Bantuan elektronik untuk navigasi di angkasa berkembang pesat dan menjadi lebih murah. Banyak teleskop di pasaran sekarang menggunakan GPS dan aplikasi ponsel cerdas, yang menyederhanakan proses dan menjadikan segalanya lebih portabel.

Apakah saya memerlukan ruang lingkup pencari?

Bagaimana pun Anda mengarahkan teleskop, memiliki teropong “pencari” tambahan dengan bukaan 30-50 mm dapat berguna untuk teleskop kecil dan penting untuk teleskop besar.

Teleskop besar biasanya melihat sebagian kecil langit, sehingga sulit menemukan jalan keluarnya. Cakupan viewfinder dan garis bidik yang lebih luas menyederhanakan banyak hal. Bahkan teleskop dengan elektronik goto sering kali perlu dikalibrasi menggunakan bintang terang dan lebih mudah ditemukan menggunakan find scope.

Bagaimana dengan lensanya?

Bagian penting dari sebagian besar teleskop adalah Lensa Saya melihat melalui. Teleskop yang bagus terkadang dijual dengan lensa yang sangat murah, namun mengupgrade ke yang lebih baik bisa jadi relatif murah.

Awal yang baik adalah lensa pembesaran rendah untuk pemandangan luas, dan lensa pembesaran tinggi untuk planet.

Lensa Plössl Harga terjangkau dan menawarkan pemandangan yang bagus. Lensa yang lebih canggih yang memberikan penglihatan lebih baik juga tersedia, dan harganya jauh lebih murah dibandingkan sebelumnya.

Jika Anda ingin melihat matahari, Anda harus melakukannya Dia seharusnya Dapatkan desain khusus Filter surya. Jangan sekali-kali mengarahkan teleskop (termasuk teropong pencarian) ke Matahari tanpa filter – hal ini dapat merusak mata secara permanen dan menghancurkan lensa.

Bagaimana jika saya ingin mengambil foto astrofoto?

Mengambil gambar astrofoto dasar menjadi lebih mudah dengan ponsel pintar. Meskipun Anda dapat memegang ponsel di depan lensa teleskop untuk mengambil foto bulan atau planet, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan adaptor yang menahan ponsel Anda di tempatnya.

Tampilan Bulan diperbesar dengan satu sisi berwarna merah
Foto gerhana bulan yang diambil dengan teleskop kecil dan iPhone.
Michael Brown

Tentu saja, gambar yang lebih baik dapat diambil dengan kamera astronomi yang dapat mengambil eksposur sangat singkat (untuk planet) atau eksposur sangat panjang (untuk nebula dan galaksi redup). Untuk eksposur lama, pelacakan otomatis objek langit sangat penting, sehingga meningkatkan harga teleskop.

Teleskop pintar Ini adalah tambahan yang relatif baru di pasar. Teleskop GOTO ini tidak memiliki lensa okuler dan hanya mengambil gambar secara elektronik. Karena detektor modern lebih sensitif daripada mata kita, detektor tersebut dapat menangkap gambar yang sangat menakjubkan menggunakan teleskop portabel yang relatif kecil, bahkan ketika terdapat polusi cahaya.

Namun, Anda kehilangan pengalaman melihat alam semesta secara langsung dengan mata kepala sendiri melalui lensa.

Cobalah sebelum Anda membeli!

Sebuah teleskop kecil diletakkan pada dudukan sederhana di atas lantai beton
Mungkin ada barang bekas yang murah, seperti teleskop refraktor 70mm ini, yang bersembunyi di garasi seseorang.
Michael Brown

Jika ada perkumpulan astronomi amatir setempat, Anda dapat mendaftar atau menghadiri pesta bintang. Pasti ada banyak teleskop, dan pemiliknya akan dengan senang hati menyanyikannya.

Toko khusus juga dapat menawarkan pengalaman langsung menggunakan teleskop: ukurannya dan cara kerjanya (dengan batasan pada siang hari). Misalnya, Anda mungkin mendapati teleskop terlalu besar atau terlalu teknis untuk kebutuhan Anda.

Belanja online dapat menghemat uang, namun mungkin memiliki dukungan pelanggan yang lebih sedikit dibandingkan toko lokal. Anda juga bisa mendapatkan kesepakatan bekas, dan penjual mungkin mengizinkan Anda menguji teleskopnya di bulan dan planet sebelum membeli.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli teleskop. Bukaan, ukuran, biaya, dan faktor lainnya harus dipertimbangkan. Namun ada banyak pilihan bagus yang tersedia, dan dengan pilihan yang baik Anda dapat melihat beberapa hal hebat. Dan Anda mungkin mendapatkan momen “wow”.

READ  Roket Arianespace Vega mungkin mencoba meluncurkan 12 satelit ke orbit malam ini setelah gagal pada menit-menit terakhir. Berikut cara menontonnya