BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah Anda memiliki fobia laba-laba?  Para ilmuwan menyajikan mimpi buruk terbaru Anda: tarantula biru

Apakah Anda memiliki fobia laba-laba? Para ilmuwan menyajikan mimpi buruk terbaru Anda: tarantula biru

Di hutan bakau Thailand, para ilmuwan telah menemukan spesies tarantula baru yang berwarna biru.

Tahun lalu, para ilmuwan di Thailand menemukan spesies tarantula baru yang hanya ditemukan di batang tanaman bambu. Terdorong oleh penemuan ini, mereka kini kembali melakukan penggalian di hutan Thailand. Hal ini bukannya tanpa hasil, seperti yang tertuang dalam majalah tersebut Kunci Kebun Binatang Untuk membaca. Karena mereka sekali lagi menemukan spesies tarantula yang sampai saat ini belum terdeskripsikan. Laba-laba itu punya nama Chilobrachis natalancharum Milik.

biru
Yang langsung menarik perhatian adalah warna biru mencolok dari laba-laba tersebut. “Rahasia di balik warna biru cerah tarantula bukanlah adanya pigmen biru,” kata peneliti Naren Chomphovoang. Sebaliknya, warna biru dimungkinkan oleh struktur unik bulu di kaki laba-laba. “Ia memiliki struktur nano yang memanipulasi cahaya sedemikian rupa sehingga menciptakan tampilan biru yang menakjubkan.”

Tarantula biru. Foto: Naren Chomphovuang.

Biru adalah warna yang cukup langka di alam. Yang membuat tarantula semakin istimewa adalah selain warnanya yang biru royal, tarantula juga bisa menghasilkan warna ungu (lihat foto di bawah).

Gambar: Chiloprachis natanisharum.

Di pepohonan
Peneliti menemukan tarantula di pohon di hutan bakau. “Laba-laba ini hidup di lubang pohon,” kata Chomphovoang. Itu tidak membuat penangkapan laba-laba menjadi lebih mudah. “Harus memanjat pohon lalu memancing laba-laba keluar dari liangnya, dalam kondisi basah dan licin. Selama perjalanan, kami berjalan pada sore dan malam hari, saat air sedang surut, dan kami hanya dapat menangkap dua ekor.

Para peneliti percaya bahwa tarantula yang baru ditemukan dapat dianggap sebagai salah satu tarantula paling langka di Bumi. Tentu saja ada kekhawatiran mengenai kelangsungan hidup spesies ini. Pasalnya, hutan bakau yang menjadi habitatnya semakin mengecil akibat deforestasi. “Ini menimbulkan pertanyaan penting,” tulis para peneliti. “Dengan menghancurkan habitat aslinya, apakah kita secara tidak sengaja mengurangi populasi makhluk unik ini?”

READ  Review CPU AMD Ryzen 7 5800X3D Pertama Dengan 3D V-Cache Hadir Lebih Awal