BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah janji keberlanjutan IKEA goyah? Dikatakan bahwa furnitur anak-anak mengandung kayu yang dipanen secara ilegal dari Rusia



Nikola Pavan / Unsplash


© 521
Nikola Pavan / Unsplash

IKEA telah berjanji bahwa pada tahun 2020, semua kayu yang digunakan dalam furniturnya akan bersertifikat FSC atau didaur ulang. Artinya, bahan baku telah diproduksi, diproses, dan diperdagangkan secara berkelanjutan.

Namun, penelitian oleh organisasi lingkungan Earthight dan serial TV Jerman Kontraste sekarang menunjukkan bahwa IKEA telah menggunakan kayu yang dipanen secara ilegal dari Siberia selama bertahun-tahun. berdasarkan hubungan bumi Skandal itu “dibawah radar dan tidak diperhatikan oleh organisasi pelabelan lingkungan terbesar di dunia, FSC”.

Jalan itu mengarah dulu ke Indonesia. Berkantor pusat di sana, PT Karya Sutarindo memproduksi jutaan furnitur anak setiap tahun untuk toko Swedia. Sebagian besar produk terbuat dari kayu pinus. Namun, pohon pinus tidak tumbuh di pulau Jawa. Kayunya diimpor.

Studi tersebut menemukan bahwa seperempat pohon pinus berasal dari Siberia. Rantai pasokan mengarah ke pengusaha Rusia dan petinju kelas berat Evgeny Bakurov, antara lain. Rusia berusia 44 tahun menjalankan beberapa perusahaan kayu yang memasok bahan baku.

Berkat kesepakatan gelap dengan otoritas kehutanan setempat, kata laporan itu, perusahaan-perusahaan tersebut dikatakan telah memanen 2,16 juta meter kubik kayu secara ilegal dalam dekade terakhir. Kayunya memiliki sertifikasi FSC, jadi IKEA membeli dengan susah payah.

Sertifikasi Bakurov ditinjau oleh FSC

Swedia sekarang membela diri terhadap tuduhan ini. Perusahaan mengatakan “tidak akan” menerima kayu yang ditebang secara ilegal.

Sebelumnya, izin perusahaan Bakurov dicabut beberapa kali dalam putusan pengadilan. Dokumen pengadilan itu juga tersedia untuk Dewan Jasa Keuangan. Namun, Bakurov mempertahankan segel lingkungan yang penting.

Baca juga: Seorang pecinta tanaman mengubah lemari pajangan IKEA seharga €199 menjadi rumah kaca dalam ruangan mini untuk spesies tropis

IKEA mengakhiri kontrak dengan Bakurov pada musim semi 2021 setelah bertahun-tahun bekerja sama. Penjual furnitur Swedia membuat keputusan sebelum Earsight mempublikasikan hasil investigasi. Perusahaan mungkin sudah mengetahui penyelidikan oleh organisasi lingkungan, yang menghabiskan satu tahun mengevaluasi pertemuan dan citra satelit. Sekarang FSC juga sedang mengkaji sertifikasi Bakurov dan perusahaannya.

READ  Menggunakan kembali plastik mengarah pada masa depan Indonesia yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih cerdas

Menurut Arahan Perdagangan Kayu Eropa (EUTR – Daftar Kayu Eropa لائحةRusia adalah negara yang berbahaya. Kayu yang dipanen secara ilegal sering kali masuk ke Eropa. Wilayah Siberia utara yang kaya spesies sangat rentan. Selain hutan hujan Amazon, di sinilah tempat penyimpanan karbon terpenting di dunia berada.

Baca lebih lanjut tentang IKEA: