BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah Long Yap Meninggal? – Kepala Utara Tengah

Saat Anda berkendara melewati Huisduinen, Anda akan langsung melihatnya: Lange Jaap, lahir pada tahun 1878. Ini adalah objek paling terkenal di Huisduinen dan diberi status Monumen Nasional pada tahun 1988. Namanya menjelaskan segalanya: Lang Jaap sangat tinggi, minimal 64 meter. Ini menjadikannya mercusuar tertinggi di Belanda dan bahkan mercusuar besi cor tertinggi di Eropa. Dia bukan satu-satunya anak dari penciptanya Quirinus Harder. Beberapa replika Lange Jaap dibangun di Indonesia. Oleh karena itu, Lang Yap memiliki banyak saudara di benua yang jauh. Pada tahun 1877 seorang reporter menulis: “Menara lampu pantai baru di dekat Huisduinen hampir selesai dan lampu yang akan ditempatkan di atasnya kemungkinan akan menyala pada akhir tahun ini.” Lampu “kehidupan” akhirnya dinyalakan pada 1 April 1878.

Lange Jaap terdiri dari pelat besi cor yang dibaut menjadi satu. Ini memiliki enam belas sisi dan meruncing ke atas. Ini adalah raksasa yang sangat berat yang dibangun oleh Perusahaan Penn dan Bauduin. Untuk mencapai puncak, Anda harus menantang tangga 284 langkah. Ini cukup mendaki. Seorang reporter yang memanjat menara pada tahun 1937 menulis: “Jika Anda berdiri di pagar atas Menara Cahaya, Anda akan melihat Belanda Utara di kaki Anda.” Baru pada tahun 1924 Lange Jaap menerima lampu listrik. Setiap dua puluh detik ia melontarkan seberkas sinar di atas laut yang dapat dilihat dari jarak hingga 36 kilometer dan sangat diperlukan untuk berlayar.

Dalam Perang Dunia II, Lang Yap dicat dengan warna kamuflase atas perintah orang Jerman. Dia tidak melayani selama lima tahun dan setelah perang dia “dipulihkan”. Dia dilucuti dari warna hijau kusamnya dan dengan cepat melemparkan sinarnya ke Laut Utara sekali lagi. Sebuah surat kabar melaporkan pada tahun 1945: “Lang Yap kembali beraksi. Kami diberitahu bahwa warna kamuflase akan dihilangkan dari menara sesegera mungkin. Kemudian akan seperti sebelumnya. Lang Yap merah tua akan naik di atas Hoesdwinen dan Neuwiedip dan pada malam hari akan memancarkan sinar cahaya Untuk mendukung para pelaut, mereka senang dengan kembalinya Lang Yap: “Kami sedikit bangga dengan Lang Yap sebagai orang Selandia Baru.”

READ  WWF meningkatkan kewaspadaan: Deforestasi di Belanda telah dilakukan sepuluh kali dalam lima belas tahun

Lang Yap mengikuti waktu. Pada tahun 1979, radar dipasang, dan pada tahun 1992 penutup baru dipasang. Tapi sama seperti makhluk lain, Lange Jaap juga tunduk pada kerusakan waktu. Pada usia 121, pada tahun 1998, patah tulang besi cor ditemukan di tubuhnya. Ya, menara besi cor juga menua dan lebih rapuh. Sama seperti orang. Anda harus berada di sana tepat waktu dan memperbaiki kerusakan. Fakta bahwa kondisi Lang Yap memang memprihatinkan terbukti dengan tidak ada lagi turis yang diterima di Lang Yap. Hebatnya, tidak ada pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan untuk sementara waktu. Retakan terus ada dan sekarang menjadi celah besar dan Lange Jaap akan segera jatuh. Rijkswaterstaat tampaknya kurang memperhatikan Lange Jaap. Timbul pertanyaan: apakah Rijkswaterstaat ingin menyingkirkannya? Apakah Rijkswaterstaat sengaja membiarkannya mati? Akan membutuhkan banyak biaya untuk membangun kembali atau memperbaikinya. Teknologi tidak akan. Pada abad ke-19, bagian-bagian besi sudah dimungkinkan, jadi dimungkinkan dengan keadaan teknologi saat ini.

Neodiprone sangat marah. Itu benar. Akankah Lang Yap menghilang dari tempat kejadian pada tahun 2022? Sejauh mana otoritas yang bertanggung jawab akan mempertimbangkan pentingnya objek budaya-sejarah yang begitu berharga dalam keputusan akhir mereka? Apakah itu akan menjadi euthanasia? Dalam masyarakat di mana aspek ekonomi biasanya sangat penting, saya khawatir yang terburuk bagi kita adalah Lang Yap. Saya tidak akan terkejut jika dia harus menghilang karena dia “tidak membawa uang” dan itu hanya membutuhkan uang. Andai saja Lange Jaap terdiri dari beberapa titik cat yang dioleskan ke kanvas oleh seorang pelukis yang tidak disebutkan namanya. Maka uang tidak akan menjadi masalah…

kantong kacang

READ  Kabinet, hanya memberikan dukungan Corona kepada perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara bertanggung jawab lintas batas