BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apple Akan Segera Melengkapi iMessage Dengan Enkripsi Pasca-Quantum – Komputer – Berita

Apple akan segera melengkapi iMessage dengan protokol enkripsi bernama PQ3. Menurut raksasa teknologi itu, ia menawarkan enkripsi pasca-kuantum untuk layanan perpesanannya. PQ3 akan diperkenalkan sebagai bagian dari iOS 17.4 dan macOS 14.4, yang dijadwalkan rilis dalam beberapa minggu mendatang.

apel Dia mengklaim dalam sebuah posting di blog keamanannya PQ3 adalah “peningkatan keamanan enkripsi terbesar” sejak iMessage diperkenalkan pada tahun 2011. “Kami telah membangun kembali protokol enkripsi iMessage dari awal,” tulis perusahaan itu. PQ3 telah berada dalam program beta perusahaan selama beberapa waktu dan akan tersedia secara umum di iOS, iPadOS 17.4, macOS 14.4, dan watchOS 10.4. Protokol ini akan sepenuhnya menggantikan protokol “Semua Percakapan yang Didukung” yang ada dalam iMessage tahun ini.

Menurut Apple, PQ3 bekerja dengan menghasilkan kunci enkripsi pasca-kuantum baru menggunakan algoritma Kyber. Kunci pasca-kuantum ini menjadi bagian dari rangkaian “kunci publik” yang dihasilkan perangkat Apple untuk menggunakan iMessage. Kunci-kunci ini dipertukarkan ketika dua pengguna iMessage memulai percakapan. Menurut Apple, pengirim iMessage selalu bisa mendapatkan kunci publik penerima, bahkan saat penerima sedang offline.

IMessage juga akan memiliki mekanisme pemulihan yang akan mengganti kunci pasca-kuantum secara berkala. Kunci enkripsi baru juga dihasilkan, yang menurut Apple tidak dapat ditelusuri kembali ke kunci sebelumnya. Misalnya, raksasa teknologi ini mengklaim bahwa percakapan tetap aman, meskipun kunci enkripsi atau percakapan sebelumnya telah disusupi.

Sistem keamanan baru Apple mengikuti layanan pesan Signal, yang Itu sebelumnya ditambahkan untuk kriptografi pasca-kuantum, juga berdasarkan algoritma Kyber. Namun, Apple mengklaim sistem PQ3 miliknya lebih aman dibandingkan Signal karena PQ3 memperbarui kunci secara berkala. Raksasa teknologi tersebut mengatakan hal tersebut tidak terjadi pada Signal saat ini. Menurut Apple, sistem PQ3 dievaluasi oleh perusahaan keamanan pihak ketiga, namun perusahaan tidak mengungkapkan identitasnya. PQ3 juga telah dipertimbangkan oleh dua kelompok akademisi.

READ  YouTube hadir dengan gambar-dalam-gambar di iOS di AS dan menjadikannya gratis - tablet dan ponsel - berita -

Kriptografi pasca-kuantum harus melindungi pengguna dari komputer kuantum, yang pada akhirnya mungkin dapat merusak protokol enkripsi yang ada. Namun, serangan semacam itu tetap sulit terjadi selama bertahun-tahun, meskipun semakin banyak perusahaan yang menambahkan perlindungan ini ke layanan mereka. Signal juga pernah melakukan hal ini sebelumnya, kata Broughton Untuk bekerja pada enkripsi PGP dengan keamanan pasca-kuantum.