BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Arab Saudi: 59 warga sipil tewas dalam tujuh tahun dalam serangan rudal di Yaman

Sejak dimulainya perang saudara di Yaman, pemberontak telah membunuh 59 warga sipil Saudi dalam serangan udara. Pengumuman Arab Saudi datang dalam sebuah pernyataan.

Dalam tujuh tahun itu, 430 rudal dan 851 drone dikatakan telah diluncurkan atau diterbangkan dari Yaman ke negara tetangga. Menurut Arab Saudi, sebagian besar proyektil dan drone ini dicegat. Negara tidak mengatakan apa-apa tentang jumlah korban sipil di Yaman sebagai akibat dari serangan udara Saudi.

Yaman telah terperosok dalam perang saudara dan krisis kemanusiaan sejak 2014. PBB mencurigai bahwa baik tentara pemerintah yang didukung Saudi dan pemberontak Houthi yang didukung Iran telah melakukan kejahatan perang. Itu beberapa minggu terakhir Pertarungan pecah lagi.

Pengeboman kamp pelatihan

Koalisi militer pimpinan Saudi juga mengebom ibu kota Yaman, Sanaa, akhir pekan ini. Menurut para komandan, sebuah kamp pelatihan untuk pemberontak Houthi menjadi sasaran. Setidaknya tiga warga sipil dikatakan telah tewas akhir pekan ini.

Pemboman itu terjadi sebagai tanggapan atas serangan rudal di kota Jizan di Arab Saudi. Menurut Saudi, dua warga sipil tewas dan tujuh lainnya terluka pada hari Jumat.

Lebih dari 12.500 warga sipil tewas dalam serangan yang ditargetkan di Yaman sejak dimulainya perang saudara. Menurut datanya Dari situs web Proyek Data Konflik dan Peristiwa Bersenjata (ACLED). Setelah tujuh tahun Menurut perkiraan PBB Hampir seperempat juta orang meninggal. Setengah dari korban meninggal karena kekurangan makanan atau perawatan kesehatan.

READ  Mantan Presiden Bush: Invasi ke Irak tidak dibenarkan: 'Maksud saya Ukraina' | luar negeri