BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ars Live: Seberapa menguntungkan Starlink?  Kami menggali detail internet satelit.

Ars Live: Seberapa menguntungkan Starlink? Kami menggali detail internet satelit.

Perbesar / Konstelasi 60 satelit Starlink diluncurkan pada tahun 2019.

SpaceX mulai meluncurkan satelit operasional Starlink lima tahun lalu pada bulan ini. Sejak itu, perusahaan dengan cepat mengembangkan konstelasi satelit broadband di orbit rendah Bumi. SpaceX kini telah meluncurkan sekitar 6.000 satelit dengan roket Falcon 9 dan memenuhi janjinya untuk menyediakan internet cepat di seluruh dunia. Saat ini, perusahaan ini merupakan operator satelit terbesar di dunia dengan faktor 10.

Namun apakah proyek besar untuk menghadirkan Internet dari luar angkasa ini menguntungkan?

Menurut laporan baru dari Quilty Space, jawabannya adalah Ya. Quilty membuat model untuk mengevaluasi profitabilitas Starlink. Pertama, para peneliti mengevaluasi pendapatan. Perusahaan memperkirakan jumlah ini akan tumbuh menjadi $6,6 miliar pada tahun 2024, naik dari nol pada empat tahun lalu. Selain pertumbuhan pesat basis pelanggannya yang berjumlah sekitar 3 juta, SpaceX juga berhasil mengendalikan biaya. Berdasarkan modelnya, Quilty memperkirakan arus kas bebas Starlink dari perusahaan akan berjumlah sekitar $600 juta tahun ini.

Jadi, apa artinya bagi industri jika Starlink telah berubah dari nol menjadi menguntungkan dalam lima tahun? Apa selanjutnya untuk jaringan? Apakah ada pesaing yang kredibel terhadap Starlink di OneWeb, Project Kuiper Amazon, atau konstelasi besar lainnya yang direncanakan? Bisakah orbit rendah Bumi menampung semua satelit ini?

Silakan bergabung dengan saya untuk mendiskusikan Starlink dan pertanyaan-pertanyaan ini dengan Caleb Henry, Direktur Riset di Quilty. Henry adalah pakar sejati di bidang internet satelit, dan kami akan membahas topik ini. Kami juga akan menjawab pertanyaan Anda.

Ini akan menjadi acara Ars Live pertama yang kami lakukan dalam beberapa tahun. Selama diskusi ini, reporter dan editor Ars Technica berbicara dengan para pemimpin industri tentang berita teknologi dan sains terkini. Jadi silakan bergabung dengan kami pada pukul 14.00 ET (18.00 UTC) pada tanggal 11 Juni Kami memiliki siaran langsung di YouTube.

READ  Berinvestasi dalam Jurnalisme Progresif yang Berani

Tonton saluran YouTube

Tambahkan ke Google Kalender

Tambahkan ke kalender (unduh .ics)