BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

AS: 8.500 tentara siap dikerahkan ke Eropa | luar negeri

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan keputusan untuk menyebarkan belum dibuat. Tingkat kesiapan yang lebih tinggi berarti bahwa pasukan siap untuk pergi setelah hanya lima hari, bukan sepuluh.

NATO mengumumkan Senin pagi bahwa mereka akan mengirim bala bantuan ke negara-negara anggota di Eropa Timur dan melengkapi pasukan. Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan pesawat tempur dan kapal perang tambahan harus menghalangi Rusia.

Presiden AS Joe Biden membahas situasi di Ukraina dari Gedung Putih pada hari Senin melalui tautan video dengan Stoltenberg dan para pemimpin Eropa, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Schulz, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Komisi Eropa. Ursula von der Leyen. Menurut sumber Uni Eropa, topik yang dibahas termasuk dukungan ekonomi untuk Ukraina dan pentingnya dialog dengan Rusia.

konsensus penuh

Biden kemudian mengatakan itu adalah “nasihat yang sangat, sangat, sangat bagus” dan bahwa ada “persatuan penuh” antara Amerika Serikat dan sekutu Eropanya. “Kami setuju bahwa setiap agresi Rusia lebih lanjut terhadap Ukraina akan memiliki konsekuensi serius,” tulis Stoltenberg di Twitter setelahnya.

Rusia telah mengumpulkan banyak tentara di sepanjang perbatasan Ukraina dan bersiap untuk melancarkan serangan, menurut Amerika Serikat. Ukraina bukan anggota NATO, tetapi aliansi militer mengatakan tidak akan menerima serangan terhadap negara itu. Dalam hal ini, negara-negara Barat akan mengumumkan sanksi berat terhadap Rusia. Negara tetangga NATO seperti Polandia dan negara-negara Baltik juga merasa terancam oleh Rusia.

READ  Taruhan Hitam dimulai di Rusia atas invasi Putin yang terhenti