BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

AS, Inggris dan Israel secara terbuka menuduh Iran menyerang kapal tanker minyak, yang dibantah Teheran

Perdana Menteri Israel Bennett dan menteri luar negeri Inggris dan AS semuanya telah mengidentifikasi Iran sebagai pelakunya Serangan pada kapal tanker minyak Di Amman. Tetapi Iran membantah terlibat dan menggambarkan tuduhan itu tidak berdasar.

Kapal tanker minyak Mercer Street, pada Kamis malam, menjadi sasaran ledakan. Dua anggota awak tewas dalam serangan itu, satu dari Rumania dan satu dari Inggris. Kapal tersebut dimiliki oleh Jepang dan mengibarkan bendera Liberia, tetapi dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Inggris yang dimiliki oleh seorang miliarder Israel.

Sejak musim semi, beberapa ledakan telah terjadi di kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Teluk Oman, Laut Arab, dan Samudra Hindia. Tidak ada kematian sebelumnya. Juga dengan serangan sebelumnya Dia mengacu pada Iran.

‘Kirim pesan ke Iran’

Menurut Israel, Inggris, dan Amerika Serikat, serangan kali ini dilakukan oleh drone yang membuat lubang di badan pesawat. Perdana Menteri Israel Bennett mengatakan bahwa “orang-orang Iran yang menyerang Mercer Street dengan pesawat tak berawak memiliki niat untuk mengenai sasaran Israel.”

Dia menambahkan bahwa “perilaku kriminal Iran merupakan ancaman tidak hanya bagi Israel, tetapi juga bagi kebebasan navigasi global dan perdagangan internasional.” Bennett mengancam pembalasan: “Setidaknya kami tahu cara mengirim pesan ke Iran dengan cara kami sendiri.” Sebuah ledakan juga terjadi pada bulan April Di atas kapal IranMungkin sebagai pembalasan terhadap Israel.

Inggris menanggapi melalui Menteri Luar Negeri Raab: “Inggris mengutuk serangan yang melanggar hukum dan korup ini. Kami percaya ini adalah serangan yang ditargetkan oleh Iran dan jelas merupakan pelanggaran hukum internasional.”

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken juga mengutuk serangan itu dan mengatakan dia sedang berkonsultasi dengan pemerintah di kawasan itu dan di tempat lain tentang “tanggapan yang tepat”.

READ  Pusat vaksinasi di Prancis dan batu peringatan yang diolesi dengan slogan, mustard, dan kotoran Nazi | luar negeri

tuduhan tak berdasar

Israel dan Angkatan Darat Inggris juga saling berkomunikasi. Pernyataan militer Israel mengatakan bahwa mereka membahas “perkembangan terbaru di kawasan itu dan tantangan bersama antara kedua negara.”

Iran membantah semua tuduhan: “Ini bukan pertama kalinya rezim Zionis yang menduduki Yerusalem membuat tuduhan tak berdasar seperti itu terhadap Republik Islam Iran,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri. “Siapa menabur angin akan menuai badai”.