BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Astronot Apollo 11 Michael Collins meninggal pada usia 90 tahun | di luar negeri

Komandan Neil Armstrong dan sesama astronot Buzz Aldrin menginjakkan kaki di permukaan bulan pada 20 Juli 1969, setelah berangkat dari Cape Canaveral, Florida. Collins harus menunggu di orbit mengelilingi bulan sementara rekan-rekannya turun.

Ratusan juta orang di seluruh dunia melihat di dalam tabung bahwa Armstrong adalah manusia pertama yang memasuki bulan. Dia berkata, “Sebuah langkah kecil untuk seseorang, sebuah langkah besar untuk kemanusiaan.”

Merendah

Armstrong dan Aldrin menghabiskan beberapa jam di bulan. Pada 24 Juli, kapsul itu jatuh bersama mereka dan Collins di Samudra Pasifik. Setelah menyambut para pahlawan di negara mereka, mereka melakukan tur dunia.

Armstrong meninggal dunia pada 2012 pada usia 82 tahun. Collins berkata pada saat itu bahwa dia akan sangat merindukan Armstrong. Aldrin berusia 91 tahun dan tinggal di Amerika Serikat.

Collins melakukan penerbangan luar angkasa pertamanya pada tahun 1966. Penerbangan antariksa kedua dan terakhirnya adalah dari Apollo 11. Ingatan terkuatnya adalah melihat Bumi, yang menurutnya tampak “rapuh”. Keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah meninggal karena kanker. Keluarganya berkata, “Mike selalu menghadapi tantangan hidup dengan rahmat dan kerendahan hati, dan begitu pula tantangan terakhir.” “Kami akan sangat merindukannya. Tapi kami juga tahu betapa bahagianya Mike dengan kehidupan yang dijalaninya.”

Presiden Biden menanggapi

Presiden Joe Biden mengenang waktunya di Angkatan Udara dan dengan Badan Antariksa NASA, pekerjaannya di Departemen Luar Negeri, dan “kepemimpinan” -nya di Museum Udara dan Luar Angkasa Nasional Smithsonian. Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Collins, meskipun tidak mendapatkan ketenaran Armstrong dan Aldrin, adalah “mitra setara yang mengingatkan negara kita tentang pentingnya bekerja sama dalam mencapai tujuan besar.”

READ  "Komentar Hugo de Jong tentang DVD adalah bentuk seni"