BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Astronot ‘Zeeland’ Lodewijk van den Berg meninggal (90)

grup pribadi

Bekerja sama dengan

Radio Selandia

NOS. Berita

Astronot Ludewijk van den Berg meninggal dunia di usia 90 tahun. Van den Berg adalah astronot pertama yang lahir di Belanda, meskipun ia telah memperoleh kewarganegaraan Amerika pada saat melakukan penerbangan luar angkasa.

Dari 29 April hingga 6 Mei 1985, Van den Berg adalah anggota kru pesawat ulang-alik NASA Challenger. Van den Berg melakukan penelitian tentang efek bobot pada pertumbuhan kristal. Bendera Zeeland telah dibawa ke luar angkasa untuk mengenang asal-usulnya.

Van den Berg dibesarkan di Sluiskil (Zeeland) dan belajar teknologi kimia di Delft. Pada tahun enam puluhan ia berangkat ke Amerika Serikat dan pada tahun 1975 ia memperoleh paspor Amerika. Akibatnya, bukan Van den Berg, tetapi Wupow Ockles, yang pergi ke luar angkasa enam bulan setelah Van den Berg secara resmi tiba sebagai astronot Belanda pertama.

“mengalahkan”

dua tahun yang lalu Memberi tahu Van den Berg memberi tahu NOS bagaimana dia mengalami peluncuran: “Mereka menempatkan Anda dalam benda ini, saya ditampar di bahu dan hal terakhir yang mereka katakan adalah: Semoga penerbangan Anda bagus, dan kami berharap dapat bertemu Anda lagi.”

Dia harus menunggu dua jam untuk menghitung mundur. “Daftar periksa selesai saat Anda mendengarkannya. Anda tidak punya banyak waktu untuk memikirkan hal lain, tetapi pada titik tertentu Anda bertanya-tanya mengapa Anda ingin melakukannya lagi.”

Terhubung

Ada juga asteroid bernama Van den Berg, yang mengorbit di antara planet Mars dan Jupiter.