BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ASUS meluncurkan Zenbooks, Vivobook dan Expertbook dengan layar OLED – Komputer – Berita

ASUS merilis laptop di jajaran Zenbook, Vivobook, dan Expertbook selama pameran dagang CES di Las Vegas. Ini hampir semuanya adalah versi baru dari produk terkenal. Laptop dilengkapi dengan layar OLED.

Zenbook

ASUS telah merilis Zenbook baru, antara lain. Ini adalah Zenbook Pro 14 dan Zenbook 14X. Selain itu, ada Zenbook Pro 16X. Ketiga laptop tersebut akan memiliki layar OLED. ASUS tidak mengatakan resolusi apa yang dimilikinya, tetapi mengatakan itu adalah layar OLED 3.2k dengan rasio 16:10 dan kecepatan refresh 120Hz. Ini seharusnya menjadi resolusi 3200 x 2000, mirip dengan laptop Acer Swift diumumkan oleh pabrikan pada Rabu pagi. Layar pada Zenbook Pro 16X merupakan layar sentuh NanoEdge yang juga mendukung HDR.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13905H generasi ke-13 dan memiliki kartu video seri Nvidia GeForce RTX 40, meskipun perusahaan tidak menulis apa pun. Memori LPDDR5X maksimum di laptop adalah 32GB. Jumlah ruang penyimpanan di perangkat tidak diketahui. ASUS mengatakan interior laptop menjadi lebih kecil, membutuhkan ruang 38 persen lebih sedikit untuk motherboard dan komponen inti dibandingkan model sebelumnya. Ini akan menyisakan lebih banyak ruang untuk catu daya yang lebih baik untuk GPU.

Selain 16X, Asus juga merilis versi baru dari Zenbook Pro 14 dan 14X.Pro 14 juga mendapatkan layar OLED dengan resolusi 2.8K, yang tidak ditentukan oleh perusahaan. Layar ini memiliki kecepatan refresh 120Hz dan menampilkan 100 persen spektrum warna DCI-P3. Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i9-13900H dan, seperti 16X, GPU seri RTX 40. Memori DDR5 maksimum 16GB di laptop, tetapi dapat diperluas hingga memori SO-DIMM maksimum 32GB. Ada juga SSD maksimum 2TB di perangkat, dan laptop mendukung Wi-Fi 6E.

READ  Microsoft akan menempatkan layanan Microsoft 365 di bawah nama domain global - Komputer - Berita

Zenbook 14X adalah model yang paling tidak bertenaga; Yang memiliki CPU i9-13900H yang sama, tetapi juga GeForce RTX 3050. Layar OLED 14,5″ dengan rasio aspek 16:10, resolusi 2,8K yang tidak diketahui, kecepatan refresh 120Hz, dan byte memori maksimum 32GB Lpddr5 dan satu terabyte memori PCIe 4.0 SSD di laptop.

vivobook

Asus juga telah merilis model baru di jajaran Vivobook. Itu baru satu modelnya, Vivobook Pro 16X 3D. Ini memiliki layar OLED 16 inci, seperti Zenbooks, layar 3.2k yang tidak memberi Asus resolusi yang tepat, tetapi memiliki kecepatan refresh 120Hz. Asus mengatakan bahwa pengguna dapat melihat gambar 3D tanpa sambungan terpisah. Kacamata 3D, tetapi detail di sekitar layar hilang.

Laptop ini juga ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13980HX, dan sama seperti Zenbooks, laptop ini memiliki GPU seri RTX 40. Laptop ini dapat dibeli dengan memori DDR5-4800MHz maksimum 64GB dan SSD PCI-e 4.0 dengan penyimpanan maksimum 2TB. Vivobook memiliki dua port USB-C Thunderbolt 4 yang dapat mentransfer file hingga 40Gb/s, port USB-A, koneksi DisplayPort, dan port Ethernet.

Buku ProArt Studio

Dalam seri ProArt profesional, ASUS memperkenalkan ProArt Studiobook 16 3D OLED. Dari segi spesifikasi, buku teksnya mirip dengan Vivobook yang disebutkan di atas. Ada prosesor Core i9-13980HX maksimum, bersama dengan memori hingga 64GB dan kartu video seri RTX40 baru dari Nvidia. Ini juga merupakan layar OLED 3.2k dengan kecepatan refresh 120Hz. Dengan tampilan 3D tanpa kacamata.

Studiobook juga dilengkapi Dial, kenop putar yang terletak di sandaran tangan yang dapat digunakan di berbagai program, seperti Photoshop dan Premiere. Laptop juga akan tersedia dalam versi tanpa layar 3D.

READ  Perkelahian di Luar Angkasa: Keluarnya Rusia, Ruang Eropa Ingin Kurangi Ketergantungan

Buku Pakar B9

Business Expertbook B9 juga telah ditingkatkan ke tampilan OLED. Belum ada detail lain mengenainya, kecuali laptop tersebut akan beresolusi 2.8K dengan rasio screen-to-body sembilan puluh persen. Layar OLED memiliki rasio aspek 16:10 dan, seperti semua model Asus baru lainnya, seharusnya memiliki kecepatan refresh 120Hz, tetapi ASUS tidak menyebutkannya. Lebih banyak spesifikasi internal seperti CPU, GPU atau memori juga hilang.

ASUS menulis bahwa model bisnis ini memiliki webcam full HD dengan dukungan Windows Hello, dan touchpad yang berukuran sekitar 27 persen lebih besar dari model sebelumnya. Ada juga rana fisik untuk webcam dan pemindai sidik jari pada perangkat dan memiliki tombol angka pada keyboard. Expertbook B9 juga memiliki dua port USB-C dengan Thunderbolt 4, satu port USB-A, dan satu port HDMI.

ASUS tidak menentukan harga untuk laptop apa pun, tetapi mengatakan laptop tersebut akan dijual “pada kuartal pertama tahun 2023” di Belanda dan Belgia.