BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Awan umum tumbuh lebih dari 40 persen

Pasar infrastruktur-satu-layanan (IAas) global untuk layanan cloud publik tumbuh sebesar 41,4 persen tahun lalu. Lima penyedia IAS teratas menguasai lebih dari seperempat pasar. Amazon adalah pemimpin pasar, Microsoft adalah penantang dan Google adalah produsen terbesar.

Ini jelas dari statistik Gardner mengumumkan. Menurut Gardner, secara total, ini adalah pasar 85 miliar euro, meningkat 60 miliar euro pada 2020. Tahun lalu Amazon menduduki puncak daftar, diikuti oleh Microsoft, Alibaba, Google dan Huawei. “Pasar iaas terus tumbuh karena cloud native menjadi kerangka kerja utama untuk beban kerja modern,” saran Sid Knock, analis top Gartner. kan

Pada tahun 2021, lima penyedia IAS teratas akan memiliki lebih dari delapan puluh persen pangsa pasar. Amazon terus memimpin pasar IAS global dengan penjualan 32 miliar euro dan pangsa pasar 38,9% pada tahun 2021.

Microsoft menduduki peringkat kedua di IAAS pada tahun 2021 dengan pendapatan lebih dari 17 17,8 miliar, atau 21,1%. “Karena banyak perusahaan sudah mengandalkan perangkat lunak dan layanan bisnis Microsoft, Azure telah menciptakan peluang di hampir setiap pasar vertikal,” kata Gardner. Dibandingkan dengan Amazon, Microsoft memperoleh pangsa pasar di pasar IAS global. Amazon, di sisi lain, mengatakan masih menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam jumlah absolut.

Google

Alibaba kembali memegang pengiriman cloud global terbesar ketiga secara global dengan pangsa pasar 9,5 persen. Kapan Alibaba terus memimpin pasar cloud China dan siap menjadi penyedia regional terkemuka di Indonesia, Malaysia, dan pasar cloud berkembang lainnya. “Ekosistem cloud regional menjadi semakin penting dalam fragmentasi geopolitik dan persyaratan peraturan dan kepatuhan yang muncul,” kata Knock.

Google Cloud mengalami tingkat pertumbuhan tertinggi di antara lima vendor IAS teratas, mencapai pendapatan $6 miliar sebesar 63,7 persen pada tahun 2021. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan yang stabil dalam beban kerja dan adopsi perusahaan tradisional seperti inovasi Google dalam kecerdasan buatan dan teknologi container Kubernets. “Semua ini didukung oleh perluasan ekosistem mitra mereka,” kata Gardner.

READ  Keluarga Batter dari Indo-Afrika membantu mengungkap sejarah keluarga sampai akhir

Huawei

Tidak ada nama kelima di pasar IAS global IBM atau Oracle, tetapi bukan Huawei. Menurut Gardner, ia telah berinvestasi secara signifikan dalam ekosistem IAS-nya selama dua tahun terakhir. Dengan peningkatan strategi perangkat keras terbuka, perangkat lunak sumber terbuka, dan gerakan mitra, mereka dapat menawarkan penawaran komprehensif kepada universitas, pengembang, dan perusahaan rintisan.

Lagi pula, apa masa depan IAAS? “Fase pengembangan IAAS selanjutnya akan didorong oleh pengalaman pelanggan dan dunia virtual pertama,” kata Knock. “Teknologi yang muncul seperti metawares, chatpots, dan digital doubles akan membutuhkan infrastruktur hyperscale untuk terus memenuhi kebutuhan komputasi dan daya penyimpanan yang terus meningkat.”