BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Baca blog langsung tentang perang di Ukraina mulai Selasa, 4 April di sini

Baca blog langsung tentang perang di Ukraina mulai Selasa, 4 April di sini

Sudah 74 tahun sejak berdirinya Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Anggota baru bergabung hari ini setiap hari. Mulai sore ini, setelah semua formalitas selesai, Finlandia akan menjadi negara anggota aliansi militer ke-31. Beberapa fakta tentang aksesi Finlandia:

• Turki, yang merupakan negara anggota terakhir yang setuju untuk bergabung, harus menyerahkan surat penerimaan keanggotaan Finlandia kepada Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken. Amerika Serikat adalah penjaga Perjanjian Atlantik Utara.

• Selanjutnya, Finlandia harus mengirimkan surat penerimaannya ke Blinken. Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto diberi wewenang oleh Presiden Sauli Niinisto untuk menandatangani dokumen atas nama Finlandia.

• Finlandia adalah anggota resmi pada saat penyerahan dokumen. Bendera Finlandia kemudian akan dikibarkan di markas NATO di Brussel pada pukul 15.30. Bendera dalam urutan abjad. Jadi Finlandia berada di antara Estonia dan Prancis.

• Finlandia adalah anggota ke-31 NATO. Ekspansi terakhir terjadi pada tahun 2020, ketika Makedonia Utara bergabung dengan aliansi tersebut.

• Masuknya Finlandia ke NATO adalah yang tercepat dalam sejarah aliansi. Aplikasi resmi diajukan pada 18 Mei tahun lalu.

• Aksesi Finlandia akan menambah lebih dari 1.300 kilometer perbatasan antara wilayah NATO dan Rusia. Ini ganda besar.

AP — Bendera Finlandia akan berkibar sore ini di tiang yang masih kosong antara bendera Estonia dan Prancis.

Guram Paul

READ  Nyiragongo terus mengobrol: Goma gemetar di depan gunung berapi paling ganas di Afrika | di luar negeri