BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Badai di Indonesia dan Timor Leste menewaskan sedikitnya 100 orang

Ribuan orang telah digusur. Korban sedang dicari di kedua negara, tetapi pencarian terhambat oleh cuaca buruk dan jalan raya. Pejabat lokal khawatir jumlah korban tewas bisa meningkat lebih jauh.

Puing-puing vulkanik

Sedikitnya 18 orang tewas setelah tanah longsor melanda desa mereka di pulau Lombod, Indonesia. Sedikitnya 62 orang hilang.

Selain itu, ratusan orang mengungsi, mencairkan CNN Indonesia. Setelah hujan lebat, rumah-rumah terendam puing-puing vulkanik dari gunung berapi Levadolo, kata Thomas Ola, Bupati Lombata di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gunung berapi Levadolo telah meletus selama berbulan-bulan. Akhir tahun lalu, ribuan orang dievakuasi untuk berjaga-jaga.

“Empat belas desa masih terisolasi sepenuhnya dan jalan-jalan tidak dapat diakses,” kata Ola. Dia memperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat.

Sedikitnya 44 orang dilaporkan tewas dalam cuaca buruk di Pulau Flores di dekatnya. Hujan deras menyebabkan banjir dan tanah longsor. Puluhan rumah terkubur di lumpur di desa Lamanale, kata layanan tanggap darurat. Sebuah jembatan runtuh di dekat Pulau Adonara.

Timor Lorosa’e dilanda badai yang hebat. Pihak berwenang mengatakan setidaknya 16 orang tewas di sana. Ahli meteorologi memperkirakan hujan lebat, angin kencang, dan air pasang tinggi di beberapa wilayah Indonesia minggu depan.

READ  Gempa berkekuatan 4.2 mengguncang wilayah Gorontalo di Indonesia