BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Badai Fiona menewaskan tiga orang, Puerto Riko tetap tanpa listrik selama berhari-hari

Badan Perlindungan Lingkungan

NOS. Beritadiubah

Di Puerto Rico dan Republik Dominika, tiga orang tewas dalam Badai Fiona yang melanda pulau-pulau tersebut. Badai menutup semua Puerto Rico pada hari Minggu. Menurut gubernur, Pedro Pierluisi, dibutuhkan waktu berhari-hari untuk memulihkan jaringan listrik.

Korban meninggal karena tertimpa pohon atau tenggelam. Kemarin, Fiona juga menimbulkan masalah akibat hujan deras yang terus mengguyur. Garda Nasional telah menyelamatkan lebih dari 900 orang dari cobaan, masih ada risiko banjir, dan sebagian besar Puerto Rico saat ini tidak memiliki air minum dari keran.

Fiona pindah dari Puerto Rico ke Republik Dominika. Ratusan orang dievakuasi di sana dan banjir dilaporkan di banyak tempat. Akibatnya, beberapa desa menjadi terisolasi dari dunia luar.

Fiona semakin kuat

Presiden Dominika Abenader mengatakan perlu beberapa hari untuk sepenuhnya memahami efek badai, tetapi kerusakannya “signifikan”. Terakhir kali negara itu dilanda topan parah adalah pada 2018.

Fiona sekarang bergerak ke utara menuju Kepulauan Turks dan Caicos. Kekuatan badai diperkirakan akan meningkat di atas air hangat, dari Kategori 1 ke Kategori 3. Ini adalah kategori tertinggi ketiga. Peringatan badai untuk kepulauan itu telah dikeluarkan oleh US Hurricane Center NHC.

READ  Mantan pemimpin Catalan, Puigdemont, merayakan pembebasannya | Luar negeri