BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Badai “meledak” lebih cepat menjadi badai yang menghancurkan

AFP/NOAA

NOS. Berita

Anda pergi tidur dan mengharapkan badai besar mendekati pantai, tetapi Anda tidak benar-benar khawatir. Keesokan paginya, Anda terbangun di tengah puing-puing dari topan Kategori 5 yang menghancurkan. Itulah yang dilakukan penduduk Filipina pada Minggu lalu. Peristiwa oleh Badai Noro.

Sementara mereka mengkompensasi kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam di sana, topan dahsyat lainnya aktif di tempat lain di dunia. Ian menuju ke Florida.

Denominator umum antara badai adalah kecepatan luar biasa yang membuat mereka semakin kuat. Ahli meteorologi semakin melaporkan peningkatan pesat ini. Efeknya terutama karena pemanasan air di lautan.

pengungsian

Ian tiba di ujung selatan Florida hari ini dan terus mendapatkan kekuatan. Kemungkinan akan mendarat di dekat Tampa dalam beberapa hari mendatang. Keadaan darurat telah diumumkan dan sekitar 300.000 penduduk Florida Barat diperkirakan akan dievakuasi.

Ian adalah salah satu dari enam badai dan angin topan parah yang melanda seluruh dunia minggu ini:

NOS

Ian berevolusi dari badai tropis menjadi badai Kategori 4 (ke-5 tertinggi) dalam waktu kurang dari 72 jam. Peningkatan yang sangat pesat ini juga terjadi saat Badai Noro meletus di dekat Filipina semalam dari Kategori 1 menjadi Kategori 5. Ada juga Puluhan ribu orang telah dievakuasi. Sedikitnya delapan orang tewas.

tidak ada nina

Badai dan badai tropis mengambil energi mereka dari air laut yang hangat, jelas pakar badai Ryan Harsma, yang berafiliasi dengan KNMI. Jadi semakin hangat lautan, semakin kuat badainya.

Karena La Niña sangat aktif tahun ini, lebih banyak badai diperkirakan terjadi tahun ini, tetapi sejauh ini tidak terlalu buruk, kata Harsma. “Tapi sekarang mereka ada di sini, seolah-olah mereka sedang mengejar.”

Sejumlah besar badai dan tornado telah menyebabkan evakuasi dan kerusakan parah dalam beberapa hari terakhir:

Tornado ini menyapu dunia minggu lalu

Sangat jarang banyak dari badai tersebut berkembang menjadi badai yang sangat kuat dalam waktu seminggu. Menurut kondensasi cepat ini juga Peneliti cuaca dan iklim di Amerika Serikat terkait dengan perubahan iklim. Ada lebih sering badai yang sangat cepat berkembang menjadi badai yang sangat kuat dengan kecepatan angin yang luar biasa dan curah hujan yang lebat.

Hujan monsun juga menjadi lebih intens karena perubahan iklim, menyebabkan banjir di sebagian besar Pakistan tahun ini, misalnya. Harsma berpikir ini akan lebih sering terjadi. “Musim hujan lebat dan angin topan ini memiliki penyebab masing-masing,” katanya. “Tetapi Anda melihat bahwa itu terjadi lebih sering. Anda tidak dapat menghubungkan badai individu dengan perubahan iklim, tetapi Anda dapat mengatakan, misalnya, bahwa hal seperti ini terjadi setiap lima tahun sekali, bukan sekali setiap 100 tahun.”

Narkoba

Meskipun hari ini badai hebat juga berkembang di utara di Samudra Atlantik karena pemanasan air laut dan kadang-kadang mencapai kekuatan badai, mereka belum mencapai daratan Eropa, kecuali Paramedis. Ini adalah badai seperti badai yang berasal dari Laut Mediterania. “Terkadang Anda melihat badai berkembang di Azores dan mendekatinya,” kata Harsma. “Dan pada 2017, Badai Ophelia menghantam pantai Irlandia. Anda lihat, kita sering berhadapan dengan sisa-sisa badai di Eropa.”