BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Semua Kuba tanpa listrik setelah Ian, ‘apokaliptik’ Florida bersiap untuk kedatangan badai | Saat ini

Listrik terputus di Kuba semalam. Hal ini disebabkan dampak Badai Ian yang melanda Tanah Air kemarin. Badai itu sekarang dalam perjalanan ke Florida dan semakin kuat. Warga diperingatkan akan angin kencang dan banjir.

Kekhawatiran di Florida sangat besar karena badai pertama kali melewati Teluk Meksiko. Karena air laut yang hangat, Ian bisa berkembang menjadi badai kategori terparah keempat dan kedua. Artinya, kecepatan angin lebih dari 200 kilometer per jam.

“Ada banyak risiko yang harus kami ambil dengan Anda dalam situasi berbahaya ini,” diperingatkan Direktur Pusat Badai AS Selasa malam. Memperhatikan hujan deras di sebagian besar negara bagian, dia mencatat, “Akan ada lima belas kali jumlah hujan yang biasa dialami penduduk Florida selama badai petir rata-rata.”

Karena segala risikonya, sekitar 2,5 juta penduduk disarankan untuk segera mengungsi. Gubernur Ron DeSantis memperingatkan bahwa “bencana banjir dan gelombang badai yang mengancam jiwa akan terjadi di beberapa daerah.” Dia mendesak warga untuk mengikuti perintah dan menimbun makanan, air, obat-obatan, dan bahan bakar.

Pemadaman listrik di Kuba, sebagian karena Badai Ian

Di Kuba, dampak badai sangat besar. Perusahaan milik negara yang bertanggung jawab atas listrik mengatakan tadi malam bahwa listrik terputus di seluruh negeri. Menurut media resmi, hal ini disebabkan tidak berfungsinya sistem kelistrikan nasional. Itu sebagian disebabkan oleh badai.

Itu membuat pemulihan lebih sulit bagi populasi yang terkena dampak. Mereka mengatakan badai itu parah. “Itu benar-benar bencana,” kata pemilik pertanian tembakau suatu hari. Situs jejaring sosial Facebook. Foto-foto menunjukkan bagaimana bangunan di pertaniannya hancur total. Sebelumnya ada foto-foto dampak badai ini.

Provinsi Kuba Pinar del Río terpukul keras. Angin kencang merobek atap logam dan puing-puing yang beterbangan menghancurkan banyak jendela. berdasarkan BBC Seorang wanita berusia 43 tahun meninggal setelah dinding rumahnya runtuh.

READ  Afrika Selatan sedang mengerjakan vaksin mRNA sendiri untuk negara-negara berpenghasilan rendah

Tim penyelamat hampir tidak dapat menjangkau warga Kuba yang terkena dampak karena pohon tumbang dan kabel listrik menghalangi jalan. Sebagai tindakan pencegahan, 40.000 orang dievakuasi dari daerah pesisir dataran rendah sebelum topan. Listrik juga terputus di seluruh kabupaten. Hampir satu juta orang Kuba masih tanpa listrik.

Daerah yang terkena dampak adalah produsen utama tanaman pertanian dan tembakau. Menurut media pemerintah, para petani berhasil mengamankan 33.000 ton tembakau yang sudah dipanen. Banyak bangunan dan peternakan tidak selamat dari badai.

“Kadang-kadang kami mengalami tornado di sini, tetapi tidak sebesar itu,” kata Abel Hernandez kepada kantor berita. Reuters. Petani tembakau berusia 49 tahun itu bisa memulai lagi karena Ian. “Badai menghancurkan rumah kami, gubuk kering, pertanian, pohon buah-buahan, semuanya.”