BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bagaimana dengan dukungan Rusia untuk operasi militer Putin?

Bagaimana dengan dukungan Rusia untuk operasi militer Putin?

Kami sekarang membaca semakin banyak bahwa sekitar 80 persen orang Rusia mendukung Putin. Angka tersebut berasal dari Jajak pendapat resmi oleh VTSIOM PollsIni terkait dengan Kremlin dan karena itu bukan lembaga survei independen.

VTSIOM akan merilis informasi untuk kepuasan Kremlin. Tapi penyelenggara jajak pendapat independen, seperti Levada Center, membawa itu juga Nomor serupaNamun, mereka mungkin tidak mencerminkan suasana hati penduduk yang sebenarnya, karena mereka mengabaikan faktor penting: sensor diri.

Rusia memberlakukan sensor militer yang keras pada minggu pertama perang. Publikasi “pemalsuan” tindakan tentara Rusia dapat dihukum penjara dari tiga hingga 15 tahun. Ini termasuk penggunaan kata ‘perang’ dan ‘penaklukan’.

Di Rusia, survei semacam itu dilakukan melalui telepon. Ketika Anda menerima telepon dari lembaga pemungutan suara, yang mengetahui nomor telepon dan alamat Anda, dan kemudian ditanya apakah Anda “untuk” atau “melawan” Putin atau “operasi militer”, hampir tidak ada yang berani menjawab “menentang”. Jadi hampir tidak mungkin untuk mengukur opini yang benar.

“Aku tidak mau masuk penjara”

Proyek penelitian independen Do Russians Want War memutuskan untuk mengukur ketakutan orang Rusia dari jajak pendapat. Antara 10 dan 13 Maret, mereka melakukan survei telepon nasional, yang melibatkan 1.811 responden. Mereka ditanya apakah mereka menganggap tindakan Rusia di Ukraina sebagai “operasi militer khusus”. 63,3 persen menjawab ya.

Pilihan reaksi yang Dibagikan oleh peneliti: “Yah, Anda tahu apa yang akan terjadi jika Anda mengatakan tidak. Jadi tentu saja saya akan memberi tahu Anda bahwa ini adalah operasi militer khusus. Pendapat lain yang mengarah pada tuntutan pidana, saya tidak ingin masuk penjara. ” (Laki-laki, 51 tahun, kota). “Undang-undang sekarang melarang menanggapi apa yang Anda pikirkan. Jadi saya akan abstain dari pemungutan suara.” (Laki-laki, 58 tahun, kota). “Saya tidak tahu. Jika saya menjawab sekarang, mereka akan datang kepada saya besok dan polisi akan membawa saya pergi.” (Perempuan, 53 tahun, desa).

READ  Langsung | Akankah paten dirilis pada vaksin?: Amerika Serikat sudah kedaluwarsa, dan Eropa ingin "bicara" | Interiornya

Menurut proyek penelitian, orang Rusia semakin menolak untuk menjawab pertanyaan seperti itu, dengan mengatakan bahwa mereka tidak ingin masuk penjara. Artinya, menurut peneliti, jajak pendapat di Rusia saat ini tidak lagi mencerminkan opini yang sebenarnya. Mereka pada dasarnya menunjukkan bahwa ketakutan ada dalam dirinya.

Akhirnya, penting untuk menyadari bahwa ada kesenjangan generasi: puluhan ribu anak muda Rusia yang menentang Putin atau perang telah ditangkap setelah demonstrasi. Seperempat juta pemuda Rusia dengan pendidikan tinggi telah meninggalkan negara itu karena penindasan.