BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bagaimana turboprop bisa menyeberangi lautan?

Pesawat Turboprop digunakan di seluruh dunia, tetapi sebagian besar diproduksi di Eropa dan Amerika Utara. Dalam jangkauan pesawat yang terbatas, ini dapat menyebabkan penerbangan pengiriman yang rumit dengan banyak pemberhentian.

Turboprophies komersial yang umum digunakan adalah ATR (ATR 42 dan ATR 72) dan Bombardier Dash 8. Ini dibangun di Prancis dan Kanada. Meskipun beberapa suku cadang diproduksi di negara lain, tidak satu pun dari perusahaan ini yang memiliki jalur produksi di luar negeri. Pelanggan Seri ATR dan Dash 8 tidak hanya berlokasi di Eropa dan Amerika Utara tetapi juga di seluruh dunia. Pelanggan terbesar ADR72 adalah Wings Air di Indonesia.

Klien luar negeri Dash 8 termasuk QantasLink Australia, maskapai Norwegia Widerøe, ANA Jepang dan Ethiopian Airlines. Semua maskapai ini telah mengirimkan penerbangan pada satu titik, tetapi bagaimana ini dilakukan?

Perpanjang batas

Dengan terbang tanpa penumpang atau kargo, dan dengan menghapus sebagian dari peralatan interior, jangkauan biasanya meningkat jauh. Membawa tangki bahan bakar ekstra adalah pilihan pada beberapa mesin. Metode ini sering digunakan untuk distribusi unit yang lebih kecil dan lebih ringan. Metode ini terkadang digunakan untuk jet kecil juga. Misalnya, Hawaii Airlines menerbangkan pesawat Boeing 717 ke dan dari Amerika Serikat tangki ekstra – Termasuk kabin. Namun, metode ini kurang umum di turboprop yang lebih besar. Menambahkan tangki bahan bakar merupakan tantangan teknis dan membutuhkan perubahan signifikan secara berkala.

Terbang ekonomis

Logikanya, Anda dapat meningkatkan jangkauan dengan terbang lebih hemat. Selama penerbangan komersial, pesawat akan terbang dengan kecepatan maksimum yang aman dan efisien, tetapi untuk pesawat teknis atau pengiriman, batas tersebut dapat didahulukan dari waktu penerbangan. Pada saat seperti itu, Anda dapat memilih kecepatan perjalanan yang paling ekonomis. Ada juga beberapa teknik untuk menggunakan lebih sedikit bahan bakar saat naik dan turun.

READ  Empat puluh mahasiswa dari Indonesia akan bekerja sebagai perawat di Jorgrop Trente, menggabungkan magang dengan studi di Asen.

Banyak berhenti

Penerbangan pengiriman jarak jauh dapat memiliki beberapa pemberhentian bahan bakar, terlepas dari batas tambahan yang diterima dari pesawat. Dalam hal ini, pesawat pengiriman semacam itu mengingatkan pada dekade awal penerbangan. Saat itu, penerbangan panjang juga memiliki pemberhentian reguler.

Penerbangan ke Inggris melalui Atlantik berhenti di Kanada, Greenland, dan Islandia. Menuju AS, Shannon juga merupakan pemberhentian populer di barat Irlandia. Untuk tujuan melintasi Pasifik, maskapai biasanya memilih rute Atlantik dan kemudian terbang melintasi Eropa dan Asia. Rute Trans-Pasifik melalui Alaska dimungkinkan, tetapi jaraknya lebih jauh dan kondisi cuaca umumnya lebih keras.

Keadaan khusus

Cuaca juga diperhitungkan saat merencanakan penerbangan pengiriman. Misalnya, pada penarik yang kuat, jangkauannya dapat ditingkatkan secara signifikan. Aliran jet memiliki efek signifikan pada penerbangan panjang apa pun. Arus udara ini mengalir dari barat ke timur, menyebabkan pesawat yang menuju ke timur bergerak lebih cepat daripada barat. Ini sangat menguntungkan untuk penerbangan transatlantik ke Amerika Serikat, yang, sebaliknya, mungkin memerlukan lebih banyak pemberhentian. Seperti pesawat komersial konvensional, penggunaan aliran jet atau meminimalkan dampaknya dipertimbangkan saat memilih rute dan ketinggian.

© angin