BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Berita IPO | Pendatang baru di pasar saham global jatuh

Pada minggu-minggu terakhir tahun ini, beberapa perusahaan go public. Kami melihat IPO paling signifikan di Eropa, AS, dan Asia.

Ebusco | Pembuat bus listrik Belanda Ebusco go public pada 22 Oktober untuk 23. Setelah awal yang cerah, stok telah jatuh ke 24 dalam beberapa minggu terakhir, dengan tertinggi € 31,30 pada 3 November. Menariknya, sejak minggu ini para analis telah menawarkan saran mereka kepada Ebusco, yang memiliki nilai pasar € 1,45 miliar.

Pada 2 Desember, analis di ING, JPMorgan dan Jefferies – ketiganya terlibat dalam IPO – mulai memantau saham Ebusco. Jefferies dan Ing, seperti Beleggers Belangen, mengatakan ‘beli’, JP Morgan menyarankan ‘tahan’. Menurut Jeffries, pasar bus listrik diperkirakan akan tumbuh sebesar 45% pada tahun 2025.

Ebusco sekarang memiliki pangsa pasar 5% dan akan memiliki pangsa pasar lebih dari 16% pada tahun 2025, menurut Jefferies, yang telah menetapkan target harga € 32 untuk Ebusco. Terakhir, Barclays positif, dengan rekomendasi beli dan target harga 40.

Kepemilikan Tanaman | Crop Holdings (Tigger Crop) yang berbasis di Singapura mengalami IPO yang gagal di New York, naik lebih dari seperlima dari harga IPO pada hari pertama perdagangan. Grop, yang beroperasi sebagai perusahaan taksi dan pengiriman terintegrasi (seperti Uber) di Asia Tenggara, go public dengan total nilai kurang dari $40 miliar melalui SPAC. Perdagangan hari pertama dimulai dengan baik dengan harga awal $ 13,06, tetapi berakhir pada rendah $ 8,75 dengan penurunan 21%, membuat perusahaan masih bernilai $ 34,6 miliar.

Grab, didukung oleh Softbank dan Toyota, belum menguntungkan, tetapi sudah memiliki sekitar 24,5 juta pengguna bulanan di negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Filipina, dengan total target 43 juta pada tahun 2023. Pesaing AS Uber Technologies adalah pemegang saham utama dengan total 14,3% Grab.

READ  Melihat ke telepon di Havencardier: 'Saya akan sangat merindukan taman warna-warni kita!'

One97 Komunikasi (Paytm) | IPO One97 Communications, sebuah perusahaan teknologi yang belum pernah terjadi sebelumnya di India, gagal total. Perusahaan di belakang Paytm, yang sekali lagi berspesialisasi dalam pembayaran seluler termasuk Warren Buffett dan investornya kembali ke Softbank, turun lebih dari 20% pada hari perdagangan pertama. Berubah, perusahaan memiliki kapitalisasi pasar $ 14 miliar.

Penjepit | Salah satu IPO terbesar di AS pada bulan November adalah Brace (Ticker BRZE), yang berspesialisasi dalam perangkat lunak untuk meningkatkan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Seperti semua saham teknologi dalam beberapa minggu terakhir, brace telah sukses besar, sekarang hampir $ 40% lebih rendah dari $ 90 yang mencapai hari pertama perdagangan setelah harga perkenalan $ 65.

Dengan lebih dari seribu merek pelanggan, omset Brasil mampu mencapai 3,3 miliar pelanggan pada tahun keuangan terakhir. $96,4 juta hingga $150,2 juta.

Semua Burung | IPO dramatis lainnya adalah produsen sepatu Alberts (BIRD), yang harga sahamnya turun 50% dari listing pertamanya. Yang aneh di sini adalah harga pembukaannya 41% lebih tinggi dari harga IPO di awal November. Di tengah jalan itu, Alberts masih bernilai $ 1,84 miliar.

Saya Tim | Sono Group, yang mengkhususkan diri pada mobil listrik bertenaga surya, anjlok setelah IPO yang kuat dari $47 pada 18 November menjadi $14,57 hari ini.

Sopani | Pembuat yogurt Yunani Sofani ingin mengumpulkan $ 100 juta melalui IPO. Saingan Danon & General Mills mencatat peningkatan penjualan sebesar 5,2% menjadi $1,4 miliar pada tahun 2020, tetapi masih mengalami penurunan.

| Perhatian yang luas diberikan bulan lalu kepada pembuat kendaraan listrik Amerika Rivian, yang kemudian mendahului Tesla dalam IPO yang diumumkan secara luas dari pesaing potensial ini. Setelah awal yang sangat sukses, harga saham naik secara signifikan pada hari perdagangan pertama dan berakhir pada $ 100,73, dan berlanjut selama enam hari, masing-masing dengan kenaikan besar, hingga $ 163.

READ  UE mengimpor lebih sedikit biodiesel - Energy News

Sejak itu, segalanya menjadi menurun dengan cepat untuk Rivian, yang diperdagangkan mendekati tingkat IPO $110. Namun demikian, kapitalisasi pasar $ 95 miliar masih sangat besar untuk sebuah perusahaan yang belum mengirimkan mobil pertamanya ke pelanggan.