BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

'Bagi banyak masyarakat Indonesia, hak asasi manusia adalah hal kedua setelah biaya sekolah dan makanan'

'Bagi banyak masyarakat Indonesia, hak asasi manusia adalah hal kedua setelah biaya sekolah dan makanan'

Prabowo Subianto memenangkan pemilihan presiden Indonesia. Usai mencoblos, masyarakat mencelupkan jari mereka ke dalam tinta.Gambar oleh AFP

Hai Noel, Pada hari Rabu lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia diperbolehkan memilih. Bagaimana pemilu tersebut berlangsung?

“Masyarakat bangga bahwa mereka bisa dan diperbolehkan memilih. Pemilu di Indonesia merupakan sebuah upaya besar dengan lebih dari 800.000 TPS di enam ribu pulau. Semua orang bebas saat pemilu karena pemilu adalah hari libur nasional.

Usai mencoblos, masyarakat mencelupkan jari ke dalam tinta yang berlangsung sekitar tiga hari. Hari ini, ketika mereka saling menyapa di jalan, mereka mengangkat jari kelingking mereka yang bertinta. Jaringan ritel besar menawarkan diskon bagi mereka yang memiliki tinta di jari mereka. Pemilu di Indonesia adalah pesta demokrasi. Hal ini terlihat jelas dari hasil pemungutan suara: angkanya lebih dari 80 persen, meskipun ada yang harus berjalan kaki seharian ke tempat pemungutan suara.'

Mantan Jenderal Prabowo Subianto memenangkan pemilu dengan telak. siapa dia

Prabowo adalah seorang jenderal di bawah diktator Sukarto, yang memerintah dari tahun 1967 hingga 1998. Ia juga menikahi putri Soeharto. Selama masa pemerintahannya, Soeharto mengumpulkan kelompok terpercaya di sekelilingnya dan membantu mereka menjadi kaya. Sementara itu, warga negara sangat tertindas.

Tentang Penulis
Dan de Vries adalah koresponden umum D Volkskrant.

Secara umum, Prabowo terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia di Papua dan Timor Timur serta penculikan mahasiswa pada tahun 1990-an. Tiga belas siswa tidak kembali. Orang tua mereka melakukan protes di Jakarta setiap hari Kamis.

Setelah pengunduran diri Soeharto, Prabowo dipecat karena keterlibatannya dalam penculikan tersebut. Dia pergi ke pengasingan di Yordania, di mana dia menjadi pengusaha bersama saudaranya. Saudara laki-laki Prabowo adalah seorang miliarder, dan mantan jenderal tersebut mengatakan kekayaannya mencapai 180 juta euro.

Akhirnya, Prabowo kembali ke Indonesia dan mendirikan partainya sendiri. Dia telah mencalonkan diri sebagai presiden dua kali sebelumnya, namun kalah dua kali dari Presiden petahana Widodo. Dengan berjanji meneruskan kebijakan ekonomi populer yang diusung Widodo, ia berhasil memenangkan pemilu kali ini. Prabowo dibantu oleh Widodo, yang secara diam-diam menyatakan dukungannya kepada mantan jenderal tersebut sebagai imbalan atas janjinya untuk melindungi warisannya.

Apakah kampanye Prabowo tidak terhalang oleh masa lalunya sebagai jenderal di bawah pemerintahan Soeharto?

Lebih dari separuh pemilih berusia di bawah 40 tahun. Mereka tidak mempunyai kenangan pada masa Soeharto. LSM, akademisi, dan aktivis hak asasi manusia merujuk pada masa lalu Prabowo, namun sebagian besar masyarakat Indonesia terutama prihatin dengan situasi ekonomi mereka. Perdebatan mengenai hak asasi manusia dan Mahkamah Konstitusi tidak lagi penting dibandingkan dengan biaya sekolah anak-anak mereka dan 'sesendok nasi' seperti yang mereka katakan di Indonesia. Banyak pihak yang mengira bahwa Prabowo sudah kaya raya dan tidak boleh korup.

Mantan tentara Prabowo dipandang oleh banyak orang sebagai orang kuat yang menjaga keamanan Indonesia. Dia dibantu oleh tim medianya: dirilis pada hari Kamis Sebuah video Dimana Prabowo berenang di kolam renangnya sendiri dengan payudara yang empuk. Dia ingin menyangkal rumor tentang kesehatannya.

'Di mana saya berada sekarang, saya bertanya kepada orang-orang di hotel apa pendapat mereka tentang hasil pemilu. Salah satu pasangan muda berkata: 'Kami memilih Prabowo, begitu pula semua orang yang kami kenal. Dia melanjutkan kebijakan Widodo yang telah menjamin pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.' Mengenai buruknya catatan hak asasi manusia yang dimiliki oleh Prabowo, mereka menjawab bahwa hal tersebut terjadi sebelum waktunya dan mereka tidak tahu apa-apa mengenai hal tersebut.

Hasil saat ini dipublikasikan berdasarkan exit poll. Sejauh mana hasil dapat diubah?

Kandidat presiden lainnya mengklaim pemilu tersebut telah dicurangi. Itu sekarang menjadi pembicaraan di kota. Di media sosial Video beredar Di sana terlihat seseorang menumpuk kertas di kotak suara. Namun pertanyaannya adalah seberapa luas praktik tersebut terjadi.

Selain itu, cuaca sangat buruk di beberapa tempat sehingga ratusan TPS terendam banjir atau hanyut. Namun, hal ini tampaknya terlalu kecil untuk mengubah hasilnya.

“Kami sekarang harus menunggu hasil resmi, yang diperkirakan akan keluar dalam beberapa minggu. Sementara itu, KPU akan mengusut aduan kecurangan. Kabar terkini, suara yang dihitung di beberapa kotak suara tidak sesuai dengan jumlah suara yang dikeluarkan. Dalam skenario terburuk, pemungutan suara ulang diperlukan di TPS dimana kesalahan terdeteksi. Namun hal ini tidak akan membawa perbedaan bagi lebih dari 200 juta pemilih.

“Akan sangat menarik ketika Prabowo dilantik dan mengambil alih jabatan. Mari kita tunggu dan lihat apakah dia akan menepati janjinya dan membentuk aliansi atau kita akan melihat Prabowo yang lama, pelanggaran hak asasi manusia dan ledakan kemarahan. Ada akademisi dan aktivis yang mengkhawatirkan hal ini, namun salah satu analis yang saya ajak bicara baru-baru ini berkata: Mari kita manfaatkan keraguan ini pada Prabowo. Ini adalah periode yang sangat berbeda dibandingkan rezim Soeharto, sekarang kita memiliki lebih banyak partai politik dan pers yang lebih bebas. Mungkin saja Prabowo akan mundur. Apa pun yang terjadi, sebagian besar masyarakat Indonesia menyambut era baru ini dengan optimisme.'

READ  Puluhan hilang setelah gempa bumi di Indonesia, termasuk gadis berusia 7 tahun