BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bahkan satu minuman ringan sehari pun dapat membahayakan hati Anda: Studi – 5 Alternatif Sehat

Bahkan satu minuman ringan sehari pun dapat membahayakan hati Anda: Studi – 5 Alternatif Sehat

Mari kita luruskan, ada ratusan alasan bagus untuk mengatakan tidak pada secangkir soda, cola, dan minuman manis kemasan. Kami memahami bahwa mereka membantu memuaskan dahaga Anda, menyediakan gula, dan bahkan terkadang membantu pencernaan. Tapi percayalah, ini semua hanyalah solusi sementara. Faktanya, setiap jenis minuman ringan komersial berdampak negatif pada tubuh Anda. Pencarian sederhana di Google menghasilkan banyak penelitian yang menghubungkan minuman ini dengan penyakit jantung, diabetes, penambahan berat badan, dan banyak lagi. Selain daftar efek samping, penelitian terbaru menemukan bahwa minum minuman ringan setiap hari dapat membahayakan hati. Temuan ini, yang dilakukan oleh para peneliti di Brigham and Women’s Hospital di Harvard University, dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association (Gamma).
Baca juga: Percaya atau tidak! Bahkan satu minuman ringan sehari pun bisa berbahaya – inilah alasannya

Bagaimana minuman ringan mempengaruhi kesehatan hati – hasil studi:

Ini adalah studi observasional yang dilakukan pada 98.786 wanita selama 20,9 tahun. Para peneliti menganalisis pasien berdasarkan penyakit hati yang dilaporkan sendiri dan kematian akibat fibrosis, sirosis, atau hepatitis kronis. Mereka menemukan bahwa “wanita yang mengonsumsi satu atau lebih porsi minuman manis per hari memiliki tingkat kanker hati dan kematian penyakit hati kronis yang jauh lebih tinggi” dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi tiga porsi atau kurang minuman manis per bulan.
“Sepengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menunjukkan hubungan antara asupan minuman manis dan kematian akibat penyakit hati kronis,” kata penulis pertama Longgang Zhao, dari Channing Department of Network Medicine di Brigham. Namun, diam Para penulis juga mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memvalidasi pengamatan mereka yang menghubungkan minuman manis dengan risiko kesehatan hati.
Baca juga: Air soda vs. Club Soda: Apa yang Ada di Bawah Gelembung

Kredit gambar: iStock

Catatan kami:

Mengingat temuan di atas, kami menyarankan untuk mengambil tindakan pencegahan daripada menyesalinya di kemudian hari. Ini berarti menghilangkan minuman manis dari diet Anda dan menggantinya dengan alternatif yang sehat. Dan bayangkan apa? Ada banyak pilihan minuman yang tersedia yang dapat membantu membersihkan hati Anda secara alami sekaligus menghilangkan dahaga. Mari kita jelajahi beberapa minuman populer yang menyehatkan hati.

READ  Coronavirus AS: Kabupaten Los Angeles melihat pertumbuhan besar dalam kasus Covid-19 ketika varian delta menjadi dominan, para pejabat khawatir

Berikut 5 minuman menyegarkan yang juga baik untuk liver Anda:

1. Jus anggur:

Anggur yang manis dan renyah merupakan gudangnya nutrisi, terutama resveratrol yang diketahui memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut beberapa penelitian, nutrisi ini dapat meningkatkan kadar antioksidan tubuh, mengurangi peradangan, dan membersihkan racun dari hati secara alami.

2. Teh hijau:

Teh hijau mengandung sejenis polifenol yang disebut katekin, yang dikenal dengan sifat antioksidannya yang kuat. Penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dalam teh hijau membantu mengurangi kadar enzim hati pada penderita penyakit hati berlemak non-alkohol. Oleh karena itu, para ahli sering menyarankan untuk mengganti minuman manis dengan teh hijau untuk meningkatkan kesehatan hati, tetapi tentu saja meminumnya dalam jumlah sedang.

3. Kopi:

Menurut beberapa laporan, kopi dianggap sebagai salah satu minuman terbaik untuk meningkatkan kesehatan hati. Bagaimana ya? Minuman tersebut mengandung antioksidan glutathione, yang dikenal dapat menetralisir radikal bebas berbahaya yang diproduksi secara alami di dalam tubuh, seperti dilaporkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

4. Jus bit:

Bit sering dianggap sebagai makanan super karena beragam nutrisinya. Ia juga mengandung nitrat dan antioksidan yang disebut betalain, yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan hati.

5. Nimbu Pani:

Lemon adalah salah satu dari banyak buah jeruk yang dikenal karena kemampuannya mengeluarkan racun dari hati. Mereka mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mencegah banyak penyakit hati. Anda dapat mencampurkan jus menyegarkan dengan air dan menikmati segelas Nimbu Pani yang menyegarkan kapan saja sepanjang hari.

(Catatan: Pilihan minuman di atas bukan bagian dari penelitian)