The news is by your side.

Bali Dapat Giliran Hari Tanpa Bayangan

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Sejumlah wilayah Indonesia pada September hingga Oktober 2019 akan mengalami hari tanpa bayangan. Yang dimaksud hari tanpa bayangan yakni Matahari akan ada tepat di atas garis khatulistiwa. Bali juga menjadi salah satu daerah yang akan mengalami hal tersebut.

“Yang dimaksud hari tanpa bayangan adalah ketika matahari tepat di atas kepala kita. Jadi, kalau kita sebut titik kulminasi,” Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Iman Fatchurochman, Sabtu (14/9).

Iman menyebut di Bali akan terjadi pada bulan Oktober. Waktunya pun tak akan lama hanya beberapa menit saja. Efeknya selain tubuh kita tak ada bayangan suhu diperkirakan akan lebih menyengat.

“Panas yang lebih menyengat karena sudut tegak lurus akan lebih maksimal intensitas cahanya dan panasnya. Tapi ini cuma sebentar saja,” katanya.

Dari data BMKG, untuk wilayah Denpasar dan sekitarnya hari tanpa bayangan ini akan terjadi pada 16 Oktober 2019 pukip 12.04 Wita. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.