BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah hutan di Kalimantan membuka jalan bagi proyek konstruksi termahal di dunia

Sebuah hutan di Kalimantan membuka jalan bagi proyek konstruksi termahal di dunia

Ibu kota baru Indonesia, Nusantara, berdiri di tengah salah satu kekayaan keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Salah satu proyek konstruksi termahal di dunia ini akan selesai musim panas ini.

Bukan hanya Mesir yang membangun ibu kota baru; Indonesia juga sedang memulai proyek konstruksi dengan skala yang sangat besar. Ibu kota saat ini, Jakarta, kelebihan penduduk, kotor, tenggelam 15 sentimeter di bawah kerak bumi setiap tahun karena kebijakan air tanah yang buruk. Jadi ciptakan sesuatu yang baru.

Nusantara: ibu kota baru Indonesia

Hanya ada satu solusi, pikir Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. Ibu kota baru akan dibangun dan berada di Kalimantan. Dia berjanji bahwa tidak akan ada kerusakan pada alam, tapi dia akan mengatakan dengan pasti apakah dia akan melakukannya. Neraca pertama disusun pada bulan Agustus. Kemudian tahap pertama (dari lima) akan selesai.

Nusantara Jungle Borneo adalah proyek konstruksi termahal di dunia di Indonesia
(Gambar: Peta)

Dengan anggaran sebesar $35 miliar, Nusantara merupakan proyek konstruksi termahal di dunia. Per 1 Agustus 2022, ratusan ribu pekerja konstruksi bekerja di hutan Kalimantan. Kota ini baru akan selesai dibangun pada tahun 2045, namun batas waktu untuk tahap pertama sudah ditetapkan pada musim panas ini. Kemudian distrik dengan gedung-gedung pemerintah, perumahan, sekolah dan jalan harus diselesaikan.

Proyek Pembangunan Nusantara Indonesia Termahal di Dunia 3
Kesan artis terhadap Fase 1… (Gambar: Kementerian Perumahan Rakyat RI)
Proyek Pembangunan Nusantara Indonesia Termahal di Dunia 2
…dan keadaan pada tanggal 27 Maret tahun ini (Gambar: Kementerian Perumahan Rakyat RI)

Pengiriman telah ditunda dua kali dan sekarang dijadwalkan pada September tahun ini. Namun, seperti yang Anda lihat, masih banyak yang harus dilakukan.

Joko Widodo: 'Kota Paling Ramah Lingkungan di Dunia'

Janji Nuntaro adalah tidak akan menjadi kota terhijau di dunia. Tidak hanya 75% lahannya akan menjadi hijau, namun taman surya raksasa akan memberi energi pada kota ini, yang setelah selesai dibangun pada tahun 2045, akan menetralkan iklim kota. Pada saat itu, kota ini dapat menampung 1,9 juta orang.

Proyek Pembangunan Nusantara Indonesia Termahal di Dunia 7
Kesan seorang seniman terhadap Nusanthara memang terlihat sangat subur (Gambar: Kementerian Perumahan Rakyat RI)
Nusantara merupakan proyek konstruksi termahal di dunia
(Gambar: Kementerian Perumahan Rakyat RI)
Proyek Pembangunan Nusantara Indonesia Termahal di Dunia 5
(Gambar: Kementerian Perumahan Rakyat RI)

Masih harus dilihat sejauh mana pembicaraan ramah lingkungan ini akan terwujud. Banyak politisi yang terlibat dalam pembangunan Nusantara juga memiliki kepentingan dalam pertambangan lokal. Mereka lebih memilih penggunaan batu bara daripada tenaga surya. Berapa banyak kekuatan yang mereka miliki? Selain itu, seluruh proyek pembangunan sistem alam berdampak pada hewan langka seperti bekantan dan lumba-lumba Irrawaddy.

Masih banyak yang belum pasti, namun kami menantikan selesainya tahap pertama pada bulan September tahun ini. Fase ini juga mencakup pembukaan taman nasional dan cagar alam untuk spesies satwa asli. Perilaku diikuti dengan kecurigaan.

READ  Angkatan Laut Indonesia mengembalikan kapal yang membawa pengungsi Rohingya

Mega proyek lainnya ternyata adalah rumah kartu

Pihak Saudi juga tak segan-segan menunjukkan kekuatan arsitekturalnya. dengan kota baru mereka yang futuristik Pajak Namun, mereka tampaknya terlalu berlebihan.