BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Banyak bintang jatuh untuk ditonton minggu depan

Sabtu 07 Agustus 2021 10.45 WIB

hamil – Hujan bintang Perseids tahunan akan terlihat lagi minggu depan dan tahun ini akan lebih banyak lagi. Selama jam sibuk dari Kamis hingga Jumat, 13 Agustus, ada 69 jam per jam. Cuaca terlihat menguntungkan, dengan periode cerah di depan.

Fakta bahwa lebih banyak meteor dapat dilihat selama Perseid tahun ini daripada tahun-tahun lainnya berkaitan dengan cahaya dari bulan. Pada tanggal 9 Agustus, bulan baru dan malam-malam berikutnya juga gelap. Cahaya bulan tidak memungkinkan untuk melihat meteor yang redup, tetapi bukan itu masalahnya sekarang.

Tahun lalu, jumlah meteor yang terlihat pada malam puncak Perseid sekitar 45. Sebagai perbandingan, pada tahun 2022 bulan akan purnama dan hanya 16 yang bisa dilihat per jam. Jika Anda ingin melihat banyak bintang meteor, Anda harus melakukannya tahun ini dan tidak menunggu tahun depan.

Meskipun sebagian besar meteor dapat dilihat pada hari Jumat, 13 Agustus, jumlah meteor yang terlihat juga besar pada malam-malam sebelum dan sesudahnya. Misalnya, pada hari Rabu, 11 Agustus, sekitar 34 meteor dapat dilihat per jam, dan pada hari Minggu, 15 Agustus, ada sekitar 35 bintang meteor per jam.

Saya mencari di Timur Laut

Meteor Perseid tampaknya muncul dari sebuah titik di cakrawala timur laut. Titik ini terletak di dekat konstelasi Perseus, dari mana bintang-bintang yang menjulang ini mendapatkan namanya. Tempat terbaik untuk melihat adalah di luar kota atau kota kecil, di tempat-tempat dengan sedikit cahaya buatan.

Apa itu bintang jatuh?

Bintang jatuh adalah potongan-potongan puing-puing luar angkasa yang menembus atmosfer kita. Puing-puing luar angkasa disebut meteorit, dan begitu puing-puing itu meninggalkan jejak cahaya, kita menyebutnya meteorit. Setiap hari beberapa meteor memasuki atmosfer kita, tetapi terkadang seluruh hujan meteor melewati Bumi.

READ  Mode Battleroyale Fallout 76 mulai offline pada bulan September - Game - Berita

Hujan meteor berasal dari komet. Komet terus-menerus kehilangan bongkahan batu dan es di bawah pengaruh radiasi matahari. Ketika debu ruang angkasa ini memasuki atmosfer kita, pada ketinggian 100 kilometer di atas permukaan bumi, dengan kecepatan tinggi, batu itu mulai bersinar. Hal ini disebabkan adanya gesekan dan tekanan udara di depan meteorit tersebut.

Jalur bintang yang berapi-api juga bermuatan listrik karena kecepatan jatuhnya yang tinggi. Proses ini disebut ionisasi. Ketika perbedaan muatan dihilangkan, radiasi dilepaskan, yang kita lihat sebagai cahaya. Meteor terbang melalui atmosfer kita dengan kecepatan sekitar 252.000 kilometer per jam. Ini 315 kali lebih cepat dari Boeing 747.