BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Belarus mengirim imigran ke Polandia,” tegur Lukashenko pada orang Lituania

Komisi Eropa menyalahkan utusan Belarusia di Brussel atas arus migrasi yang teratur. Seorang juru bicara pemerintah Irak mengatakan hari ini bahwa diskusi sedang berlangsung dengan pemerintah Irak mengenai masalah ini. Menteri Luar Negeri Lithuania Landsbergis baru-baru ini mengunjungi Irak. Sebagai hasil dari penerbangan itu, Irak Airways akan memiliki penerbangan ke Minsk Mengurangi.

Minsk: Penjaga perbatasan Lituania membunuh seorang migran

Sementara itu, Lukashenko berpendapat bahwa Lithuania menggunakan imigrasi ilegal sebagai senjata. Sejak minggu ini, negara Baltik telah memerintahkan penjaga perbatasannya untuk mengembalikan imigran ilegal melintasi perbatasan, yang disebut korset. Sebagai tanggapan, Lukashenko memerintahkan penjaga perbatasan untuk “menutup setiap meter perbatasan.”

Menurut Minsk, para migran dipukuli habis-habisan oleh penjaga perbatasan Lituania. Akibatnya, seorang pria meninggal minggu ini. Di dalam, Lukashenko berkata: “Mereka melemparkan mati dan setengah mati di tanah kami.” Pidato kepada petugas keamanan, menyebut orang Lituania sebagai “Nazi”.

Vilnius menyangkal kematian pria itu dan berbicara tentang informasi yang salah. “Sebuah provokasi yang jelas,” kata Menteri Pertahanan Lithuania Anousaukas.

Dia juga berdebat dengan Ukraina

Lukashenko lebih awal hari ini ditarik juga ke tetangga selatannya Ukraina. Menurut presiden, Ukraina merupakan ancaman baru bagi Belarus karena pemerintah di Kiev telah memilih untuk menghadapi Belarus.

Pada hari Selasa, aktivis Belarusia Vitaly Shishov ditemukan digantung di pohon di sebuah taman di Kiev. Ponsel dan barang-barang lainnya hilang. Polisi Ukraina menyelidiki keadaan tersebut, dan teman-teman serta kolega Chesgov berasumsi bahwa pembunuhan seharusnya terlihat seperti bunuh diri.

Presiden Ukraina Zelensky mengatakan bahwa semua orang buangan Belarusia di negaranya harus diberi “perlindungan khusus dan dapat diandalkan”.

READ  5/9 Wake-up call: Verstappen mulai dari posisi terdepan. • Game Hari Terakhir untuk Penyandang Cacat

Lukashenko ingin menutup perbatasan dengan Ukraina, seperti halnya dengan Uni Eropa. “Mulai hari ini, tidak ada yang akan masuk ke Belarus dari barat atau selatan.”