BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Biografi Jan Tinbergen: Ketegangan Antara Sains dan Politik

Pada tahun 1992, Mikhail Gorbachev berdiri di depan pintu Jan Tinbergen di Haveklan di Den Haag. Beberapa bulan yang lalu, Uni Soviet runtuh. Sekarang kepala terakhir dari negara adidaya kuno akan mengunjungi ekonom ini. Menurut Gorbachev, gagasannya tentang perestroika (reformasi) sebagian diilhami oleh teori Jan Tinbergen (1903-1994). Kita dapat membacanya dalam biografi terbaru Erwin Decker, seorang sejarawan pemikiran ekonomi di Universitas Erasmus. Tinbergen adalah seorang ekonom “kiri” di Sekolah Ekonomi “kanan” di Nederlands (NEH), pendahulu Universitas Erasmus. Kami menghormati simbol ini dengan Gedung Tinbergen.

Jan Tinbergen tidak diragukan lagi adalah salah satu orang Belanda paling berpengaruh di abad ke-20, menurut penulis biografi Erwin Decker. Sebagai pendiri Biro Perencanaan Pusat (CPB), antara lain, ia membuat jejak politik di negara kita, di mana model CPB mendefinisikan margin politik. Dekker menunjukkan bagaimana penemu model makroekonomi nasional (juga pada tahun 1969 pemenang pertama “Hadiah Nobel” untuk ekonomi) menjadi arsitek model pemerintahan baru. Regulasi ekonomi harus lepas dari tangan politisi dan menjadi urusan ilmuwan. Karyanya memiliki dampak besar pada lembaga-lembaga seperti Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.

Itu ada di tanganmu

Dalam karya Tinbergen tentang tata kelola dan pengelolaan, terdapat gagasan bahwa kita, sebagai manusia, dapat menentukan nasib kita sendiri. Tinbergen mencemooh gagasan bahwa kita dapat memprediksi masa depan, kita harus mengambil tindakan sendiri dan mengarahkan dunia dan ekonomi ke arah yang kita pikir diinginkan. Perencanaan, yang mungkin merupakan kata terpenting dalam kosakatanya, berarti menetapkan tujuan dan mencari secara rasional cara yang dapat kita gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Jerman dan Belanda memiliki kata yang indah untuk menggambarkan harapan itu, atau lebih tepatnya keyakinan ini: Kelayakan atau kemampuan manufaktur; Atau kemampuan untuk membentuk dunia sosial. Pengalaman ekonomi modern dibangun di atas keyakinan ini, dan Tinbergen telah memberi kita bahasa tujuan kebijakan, alat, dan teknik terkait.

READ  Bank sentral Indonesia mengirim auditor untuk memblokir pembayaran bitcoin betalingen

Hammer menyapa Decker setelah dia menerima buku itu.


Sumber gambar:
Amber Leijen

Beginilah cara Dekker merangkum model sains Tinbergen. Jan dibesarkan di lingkungan sosial demokrat dan menjadi aktivis PvdA. Pada saat yang sama, ia adalah anggota Persaudaraan Protestan, sebuah gereja Protestan yang sebagian didasarkan pada pemikiran humanis Kristen Erasmus. Tinbergen adalah seorang ilmuwan yang didorong oleh cita-cita sosial dan percaya bahwa para ilmuwan memiliki misi sosial. Dalam kasusnya, bekerja sebagai ahli untuk mengeluarkan sistem ekonomi dari tangan politisi dan membuat alat politik independen dari pendapat ideologis. Namun, biografi Erwin Decker menunjukkan bagaimana pandangan sains ini “politis” dan bagaimana hal itu membuat Tinbergen mendapat masalah.

ketegangan yang menyakitkan

Ahli ekonometrika Rotterdam tidak hanya memiliki pengaruh besar pada budaya manajerial negaranya, tetapi juga seorang pakar ilmiah yang terkenal di dunia. Dekker menunjukkan bagaimana Tinbergen menjabat sebagai konsultan di negara-negara berkembang seperti India, Turki dan Indonesia dan bagaimana pandangannya berbenturan di sini dengan kepentingan para pemimpin otoriter, yang menggunakan pengetahuannya untuk agenda politik mereka sendiri. Kadang-kadang, ketegangan antara idealisme ilmiah dan praktik politik menjadi sangat menyakitkan, seperti ketika ia menerima gelar doktor kehormatan pada tahun 1970 di Spanyol, di mana diktator fasis Franco berkuasa. Pada saat yang sama, dunia berhasil membangun jembatan, seperti yang ditunjukkan oleh kunjungan pemimpin Rusia Gorbachev.

Setelah kematiannya pada tahun 1994, mantan Direktur CPB dan Menteri VVD Gerrit Zalm memanggilnya Tinbergen sebagai “santo modern”. Di negara kita, setelah kematian Tinbergen, pemikiran berbasis model menjadi sangat populer di kalangan neoliberal, di mana ide-idenya tentang pemerintahan ahli diberi tempat dalam ideologi “lebih banyak pasar, lebih sedikit pemerintah,” sebuah kebijakan yang sulit untuk didamaikan dengan kebijakan Tinbergen. cita-cita sosial demokrasi. CPB menjadi pendorong pemikiran pasar, yang bertentangan dengan ide-ide Tinbergen tentang manufakturabilitas dan perencanaan sosial. Autobiografi Erwin Decker tidak hanya menjadi bacaan wajib bagi para ekonom di universitas kami, tetapi direkomendasikan untuk semua Erasmus. Kehidupan dan karya ikon ini di universitas kami menunjukkan bagaimana “nilai-nilai Erasmian” dari kewarganegaraan global, kewirausahaan, komunikasi, keterbukaan sosial, dan keterlibatan dapat diubah dalam praktik dan apa artinya ini bagi sains.

Ronald van Rak adalah Profesor Nilai Erasmus di Sekolah Filsafat Erasmus. Dia sebelumnya menulis biografi Erasmus oleh Sandra Langeris.

Perpisahan dengan Ronald van Rak, Kamar Dua, Erasmus Politik 24

Baca lebih banyak

Topi Erasmus cocok untuk kita semua

Ronald van Rak telah diangkat sebagai Guru Besar nilai-nilai Erasmian bulan ini. dia adalah…