BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

blog langsung |  Rusia ingin mengepung Leschansk

blog langsung | Rusia ingin mengepung Leschansk

Lebih banyak pasukan dan peralatan Amerika ke Eropa

14:08 | Amerika Serikat mengirim lebih banyak pasukan, pesawat tempur, dan kapal perang ke Eropa. Presiden Joe Biden mengumumkan pada KTT NATO di Madrid, bahwa Polandia juga akan memiliki markas permanen baru.

NATO ingin memperkuat negara-negara anggota tetangga Rusia atau ketakutan bahwa mereka akan segera menjadi demikian. Aliansi militer Barat secara tradisional sangat bergantung pada Amerika untuk tujuan ini.

Polandia, anggota NATO yang sangat dekat dengan Rusia, akan menjadi tuan rumah markas baru Angkatan Darat Kelima Amerika Serikat. Rotasi pasukan Amerika diperluas di negara-negara Baltik dan unit baru ditambahkan untuk Rumania. Biden mengatakan kapal angkatan laut tambahan juga akan pergi ke Spanyol, dan dua pesawat tempur dan puluhan F-35 lainnya ke Inggris.

Dalam beberapa bulan terakhir, Amerika Serikat telah meningkatkan kekuatannya di Eropa dari 70.000 menjadi sekitar 100.000. Sumber-sumber NATO memperkirakan ini akan lebih banyak lagi.

Rusia: Norwegia berhenti mengangkut barang ke Rusia di Spitsbergen

14:00 | Rusia menuduh Norwegia menghalangi pengangkutan barang ke pemukiman yang dihuni oleh orang Rusia di kepulauan Arktik Spitsbergen. Negara menuntut agar Oslo menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin, atau menerima konsekuensinya. Rusia tidak mengatakan apa konsekuensinya.

Pihak berwenang Norwegia dikatakan mengutip sanksi yang dijatuhkan pada Rusia karena perang negara itu melawan Ukraina sebagai alasan penolakan. Rusia telah memprotes Kuasa Usaha Norwegia tentang pembatasan yang akan mencegah makanan dan peralatan medis.

Spitsbergen adalah bagian dari Norwegia, meskipun Rusia memiliki hak untuk mengeksploitasi sumber daya alam sesuai dengan perjanjian dari tahun 1920.

Presiden Indonesia luncurkan ‘misi perdamaian’

13:10 | Presiden Indonesia Joko Widodo memulai kunjungannya ke Ukraina. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari peran Widow yang sebagian besar memproklamirkan diri sebagai negosiator perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

READ  Indonesia dan Amerika Serikat mengadakan latihan militer dengan latar belakang meningkatnya ketegangan di Indo-Pasifik

Widodo dan istrinya tiba dengan kereta api di ibukota Ukraina, Kyiv, situs web kepresidenan Indonesia melaporkan. Presiden Indonesia melakukan perjalanan setelah tamunya berpartisipasi dalam KTT G7 di Pegunungan Alpen Bavaria, dari mana ia melakukan perjalanan ke Polandia dan kemudian melakukan perjalanan dengan kereta api ke ibukota Ukraina.

Kunjungan itu akan membantu menghidupkan kembali pembicaraan damai antara Rusia dan Ukraina dan mencari cara untuk memungkinkan ekspor biji-bijian ke pasar dunia. Setelah tiba, Widodo langsung menuju reruntuhan kompleks apartemen di Irbin, pinggiran kota Kyiv, sebelum bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Rencananya, dia akan kembali ke Polandia dengan kereta di hari yang sama. Dia akan melakukan perjalanan ke Rusia pada hari Kamis untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Banyak kematian akibat serangan roket

09:15 | Sedikitnya lima orang tewas dalam serangan rudal Rusia di Ukraina tengah dan selatan. Roket ditembakkan ke daerah perumahan di kota selatan Mykolaiv, dan dua orang ditemukan tewas setelah serangan roket di pusat kota Dnipro.

Walikota mengatakan kota itu terkena delapan rudal. Penduduk lain di gedung yang terkena dampak terburuk dipanggil untuk pergi. Foto-foto menunjukkan bahwa lantai atas bangunan telah hancur total.

Dua mayat ditemukan di Dnipro oleh tim penyelamat untuk membersihkan puing-puing setelah pemboman Rusia. Dnipro dikatakan telah terkena enam rudal. Gubernur wilayah Dnipropetrovsk mengatakan di Telegram bahwa tidak ada target militer yang terkena.

Rusia ingin mengepung Leschansk

08:30 | Komando Angkatan Darat Ukraina mengatakan bahwa tentara Rusia ingin mengepung kota Leschansk yang berlokasi strategis. Kota ini saat ini dikelilingi terutama dari selatan. Lischansk adalah kota besar terakhir di wilayah Luhansk Timur yang masih di bawah kendali Ukraina.

READ  Apa hubungannya kelinci Paskah dengan cokelat dengan tas besar?

Untuk mengepung kota, Rusia mencoba membuat jalan antara Bashmut dan Leshansk. Begitu jalan ini terputus, tentara Rusia dapat dengan bebas menyerbu dari segala arah.

Lischansk secara teratur dibombardir oleh artileri Rusia dan menurut separatis pro-Rusia, sudah ada pertempuran di jalan-jalan Lischansk. Baik Ukraina maupun pengamat independen tidak mengkonfirmasi hal ini.

Rusia baru-baru ini merebut kota Severodonetsk dekat Leschansk. Pertempuran jalanan yang sengit meletus beberapa minggu lalu.

Siemens menyangkal bertanggung jawab atas penurunan pengiriman gas Rusia

08:15 | Kelompok industri Siemens telah membantah tuduhan Rusia bahwa perusahaan yang harus disalahkan atas penurunan pasokan gas ke Jerman karena pipa Nord Stream. “Sangat mudah untuk membawa perusahaan terkenal ke Rusia,” kata CEO Siemens Joe Kaeser kepada surat kabar Sueddeutsche Zeitung.

Rusia mengklaim terpaksa memutus pasokan gas melalui Nord Stream karena turbin, yang menjaga aliran gas di bawah Laut Baltik, tidak lagi dirawat oleh Siemens. Namun, menurut Caesar, hal itu bukan alasan untuk mengurangi pasokan gas secara signifikan. Rusia kembali memasok 40 persen dari jumlah normal gas melalui pipa dalam beberapa hari.

Politisi Jerman menggambarkan langkah itu sebagai motivasi politik. Rusia ingin menyerang Jerman atas dukungannya terhadap Ukraina dalam perang melawan invasi Rusia.

Kolom: Apa yang akan kita lakukan dengan Rusia setelah perang?

06:30 | Bagaimana kita harus menghadapi Rusia setelah perang usai, tanya Bernhard Hammelburg, komentator urusan luar negeri di BNR? “Ini adalah teka-teki yang sedang dikerjakan G7 dalam beberapa hari terakhir, dan sekarang NATO berada di puncaknya di Madrid. Karena Rusia tidak akan dihapuskan, dan peluang Putin untuk menyelesaikannya sangat tipis. Dengarkan kolomnya di sini.

READ  Tsingshan dalam pembicaraan dengan pabrik tembaga China untuk memproses nikel Bloomberg News

Rusia menangkap mantan walikota Kherson

06:00 | Kirill Strimosov mengatakan bahwa pasukan Rusia menangkap mantan walikota Kherson, wakil kepala administrasi militer pro-Rusia di kota Ukraina selatan.

Walikota, Igor Kulekhaev, dikatakan telah secara terbuka meminta pejabat kota untuk merusak dan mengabaikan instruksi dari pemerintahan baru pro-Rusia. Kulekhaev tetap berada di kota setelah pendudukan Rusia, tetapi menolak untuk bekerja sama dengan pasukan Rusia. Jadi, sebagai “pahlawan sentris Nazi”, Strimosov mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti, dia akan berkontribusi untuk menggagalkan “de-Nazifikasi” Ukraina.

Asisten Kulikhaev menggambarkan penangkapan mantan walikota sebagai “penculikan”. Tidak jelas di mana mantan walikota itu dan apa yang akan dilakukan pasukan Rusia terhadapnya.

Zelensky berpidato di PBB

02:00 | Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta PBB untuk berkunjung ke Kremenchug dalam pidato video ke Dewan Keamanan PBB. Sedikitnya 18 orang tewas dalam serangan rudal Rusia di sebuah pusat perbelanjaan di pusat kota Ukraina. Puluhan orang terluka atau masih hilang.

Pemimpin Ukraina juga meminta anggota badan yang kuat, termasuk Rusia, untuk mengheningkan cipta selama satu menit bagi mereka yang tewas dalam perang. “Saya menyarankan agar PBB mengirim perwakilan khusus, atau Sekretaris Jenderal, sehingga PBB dapat mengambil informasi secara independen, dan melihat bahwa ini memang serangan rudal Rusia,” kata Zelensky. Dia juga menuntut definisi istilah “negara teroris” untuk menghukum Rusia atas invasi tersebut.